Skip to main content

Kalau Percaya Tuhan, Kenapa Takut Sama Setan?

Sebagai orang Kristen, ketika ada yang bertanya kepada anda : “Anda percaya setan?” Anda pasti menjawab “Ya, saya percaya setan”. Itu jawaban anda, bukan jawaban saya, karena inilah jawaban saya : “Saya tidak percaya setan.” Lalu mungkin anda berpikir “Pantas saja dia seperti orang Kristen sesat. Setan saja tidak percaya, apalagi Tuhan. Padahal di Alkitab jelas-jelas tertulis tentang setan.” Kalau anda berpikir atau menuduh saya seperti itu, itu tuduhan yang terlalu cepat, karena saya belum selesai bicara. Ini jawaban lengkap saya “Saya tidak percaya setan, tapi saya percaya setan itu ada.” Anda mulai mengerti? Lupakan saja, ini hanya selingan saja hahahaha....

Orang Kristen percaya setan atau iblis itu ada? Ya, itu pasti, karena Alkitab pun mencatat tentang Yesus yang mengusir roh-roh jahat dan setan-setan, bahkan Ia sendiri di cobai oleh Iblis di padang gurun. Masalahnya adalah orang Kristen umumnya percaya bahwa segala sesuatu yang tidak baik atau tidak benar atau yang buruk pasti berasal dari setan, dan segala sesuatu yang baik atau yang benar atau yang bagus pasti berasal dari Tuhan.

Tuhan itu adalah terang, Yesus itu disebut dengan Terang dunia, dan gelap itu adalah iblis. iblis sering di sebut kuasa gelap atau penguasa kegelapan. Itulah sebabnya anda lebih suka berjalan di tempat terang, bukan di tempat gelap. Bagaimana kalau anda berada di tempat yang gelap, kumuh, dan sedang berjalan sendirian? Anda merinding bukan, kewaspadaan anda meningkat, lalu tengok kiri-kanan dan belakang anda. Anda juga memperhatikan bayangan-bayangan hitam, pohon-pohon di sekitar anda, seolah bayangan dan pohon tersebut mau menerkam anda. Langkah kaki anda semakin cepat, dan untuk lebih menenangkan rasa takut anda, andapun bernyanyi “Ada kuasa dalam darahNya, darah domba Allah...” Setidaknya ini akan berlangsung sampai anda tiba di tempat yang terang dan ramai.

Banyak orang kristen yang takut sama gelap apalagi jika tempat tersebut sepi dan tampak kumuh. Banyak yang percaya di tempat-tempat seperti itu ada setannya. Banyak orang kristen yang takut sama pohon-pohon besar, apalagi jika pohon tersebut sudah sangat tua dan bentuknya menyeramkan, karena percaya di sana pasti ada penunggunya. Banyak orang kristen yang takut sama patung dewa-dewi, baik patung itu hanya sebagai pajangan terlebih kalau disembah-sembah, karena percaya ada setan penunggunya. Banyak orang kristen yang takut dengan jimat-jimat dan mantra-mantra, karena percaya jimat-jimat dan mantra-mantra tersebut ada kekuatan setan.

Banyak orang kristen yang percaya dengan nasehat-nasehat orang tua, atau kakek nenek atau nenek moyang dulu yang memberikan pantangan-pantangan untuk ditaati agar tidak diganggu setan atau tidak mengalami nasib sial. Banyak orang kristen yang percaya dengan nasehat-nasehat orang tua, atau kakek nenek atau nenek moyang dulu yang meminta membawa benda-benda tertentu, misalnya gunting kecil saat hamil, bawang putih yang ditusuk lidi, tidak boleh jalan di bawah jemuran, dll yang katanya bisa melindungi dari setan. Banyak orang kristen yang percaya bahwa dukun-dukun memiliki kekuatan gaib yang berasal dari setan dan memiliki kesaktian sehingga anda harus menghindarinya agar tidak dosa dan celaka. Masih banyak lagi lainnya, anda tambahkan sendiri.

Meskipun mengaku sudah percaya Yesus dan mengaku mau taat kepadanya, tapi banyak sekali orang kristen yang sebenarnya lebih percaya “Setan” dan lebih taat karena takut kepadanya. Anda tidak percaya? Coba anda cek ke diri anda sendiri, hal-hal yang saya tuliskan diatas. Mungkin anda mengatakan “Itu kan percaya ga percaya”. Kalau ini jawaban anda, saya bisa katakan itu sudah cukup menunjukkan anda lebih percaya “Setan” daripada Tuhan. Dari dulu saya tidak suka dengan kata “percaya tidak percaya” karena jawaban seperti ini hanya jawaban ngeles alias cari-cari alasan, karena orang yang menjawab seperti ini, ia pasti “maunya percaya tapi takut dianggap salah”.

Jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak, karena selebihnya berasal dari si jahat. Ini yang dikatakan Yesus untuk orang-orang yang menjawab “percaya tidak percaya”

Sejak kecil, bahkan sejak kita baru menampakkan diri di dunia ini, kita sudah banyak diisi dengan tahayul-tahayul, kemudian pantangan-pantangan dan larangan-larangan yang dihubungkan dengan hal-hal mistis. Kita sudah sudah biasa mendengar cerita tentang setan-setan di pohon-pohon besar, di kuburan, di rumah tua, dll. Ketika lebih besar lagi, kita pun percaya dengan hal-hal mistis atau yang berbau supranatural, gaib, ajaib dan di luar akal. Makanya kita tidak heran ketika mendengar cerita kalau menabrak kuning sampai mati, maka kucing itu harus dikuburkan agar tidak sial, tapi kalau menabrak orang sampai mati kabur saja.

Mungkin banyak yang juga bercerita, atau bahkan anda sendiri mengalami kejadian-kejadian “aneh” atau yang membuat bulu kuduk merinding, sehingga membuat anda semakin yakin adanya setan-setan yang berkeliaran di tempat-tempat tertentu dan selanjutnya, anda takut kepada setan.

Ketika menjadi kristen dan mengaku percaya Yesus, apakah rasa takut anda kepada setan menjadi hilang? Saya rasa tidak, anda tetap mempercayai bahwa setan adalah mahluk supranatural yang memiliki kesaktian, sehingga anda tetap harus berhati-hati kepadanya. Sayangnya Gereja juga mengajarkan bahwa Setan-setan yang dahulu memberontak di surga dan di buang ke bumi tetap merupakan mahluk-mahluk sakti mandraguna dan hanya kehilangan kesuciannya saja.

Mencari Kesaktian dengan Menyembah Setan-setan

Indonesia merupakan salah satu negara yang penuh dengan kisah-kisah mistis. Konon katanya nenek moyang orang Indonesia itu banyak yang sakti mandraguna. Kisah-kisah kerajaan-kerajaan di Indonesia selalu diselimuti dengan kisah-kisah kesaktian raja-raja beserta abdi-abdi kerajaan tersebut. Darimana mereka mendapatkan kesaktiannya? Ada yang mengatakan melalui puasa dan semedi di tempat-tempat tertentu. Ada yang mengatakan dengan menjalankan tata cara penyembahan tertentu, ada juga yang mengatakan adanya manusia setengah dewa, mungkin karena perkawinan silang antara manusia dengan dewa. Apapun itu, intinya adalah melalui setan-setanlah mereka mendapatkan kesakstian. Bahkan ada yang menyembah kuburan untuk meminta kesaktian, rejeki, jodoh, dll.

Takutkah anda dengan orang-orang yang mengaku diri sakti? Anda takut bukan, sekalipun anda mengaku percaya Tuhan. Mengapa anda takut? Anda beralasan hanya orang-orang tertentu yang dipilih Tuhan dan diurapi Tuhan dengan kuasanya yang mampu menghadapi orang-orang sakti. Tapi dengan berkata seperti ini, bukankah itu berarti anda bukan orang pilihan Tuhan dan anda bukan orang yang diurapi Tuhan? Tragis sekali, mengaku percaya Tuhan, tapi anda hanya orang buangan.

Mungkin anda akan mencari alasan lain dengan mengatakan anda merasa belum layak dihadapkan Tuhan. Jawaban seperti ini juga tragis, karena bukannya Yesus sudah menebus kita yang tidak layak ini? Jika anda terus merasa tidak layak, itu berarti anda menganggap penebusan Yesus tidak ada gunanya.


Ilmu Hitam dan Ilmu Putih

Sejak kecil, saya sangat percaya dengan hal-hal gaib dan supranatural. Saya selalu ingin tahu tentang hal-hal mistis. Dari sana juga saya mengenal adanya ilmu hitam dan ilmu putih. Ilmu hitam adalah ilmu yang digunakan untuk kejahatan dan berasal dari setan, sedangkan ilmu putih adalah ilmu yang digunakan untuk kebaikan dan berasal dari Tuhan. Jika anda mempelajari ilmu hitam, maka sudah pasti anda menyembah setan, sedangkan jika mempelajari ilmu putih tidak berarti anda sudah menyembah Tuhan, tapi akan diajarkan untuk taat beribadah. Seiring berjalannya waktu, sayapun menjadi Kristen, dan dari kekristenan inilah saya tahu bahwa ilmu hitam dan ilmu putih ini sama saja, keduanya berasal dari setan. Hanya saja, ilmu hitam digunakan untuk kejahatan, sedangkan ilmu putih digunakan seolah-olah untuk kebaikan, tapi dibelakangnya tetap di kerjakan oleh iblis dan suatu saat iblis akan menagih janjinya kepada anda. Contoh dari ilmu hitam adalah Santet, sedangkan ilmu putih adalah ilmu-ilmu yang digunakan untuk pengobatan.

Anda takut santet? Tentu saja anda takut disantet. Santet katanya bisa sangat mengerikan. Anda bisa tiba-tiba jatuh sakit parah dan dari dalam tubuh anda bisa keluar benda-benda aneh. Itu sebabnya anda menghindari hal-hal yang berbau perdukunan agar tidak disantet bukan? Tapi mungkin ada juga yang mengatakan “Saya tidak takut santet, karena orang kristen tidak mempan disantet.” Tapi, benarkah anda tidak takut?

Anda percaya pengobatan alternatif dengan menggunakan mantra-mantra? Tentu tidak bukan. Sebagai orang kristen, anda mengaku tidak pernah pergi ke dukun bukan? Kalau pun dokter tidak bisa menyembuhkan penyakit anda, ada hamba-hamba Tuhan yang diurapi dengan kuasa penyembuhan untuk bisa menyembuhkan anda.

Tahukah anda, anda sering mendengar kesaksian orang-orang yang disembuhkan secara ajaib oleh hamba Tuhan, tapi pernahkah anda memperhatikan berapa banyak yang tidak disembuhkannya atau orang-orang yang disembuhkan tetapi kambuh kembali penyakitnya? Tentu saja anda mencari alasan orang-orang yang tidak disembuhkan ini adalah orang-orang yang tidak beriman. Anda BODOH!. Bacalah Alkitab baik-baik. Yesus menyembuhkan banyak orang dan diantara banyak orang yang disembuhkan itu, sebagian besar tidak beriman. Orang-orang yang tidak beriman yang sudah disembuhkan olehNya pun tidak ada yang kambuh kembali penyakitnya. IMAN bukanlah alasan Yesus menyembuhkan, tapi BELAS KASIHAN. Hanya pendeta-pendeta PENIPU yang menjadikan iman sebagai alasan. Pernahkah anda benar-benar memeriksa orang-orang yang memberi kesaksian sudah disembuhkan? Periksalah dengan lebih teliti, anda akan terkejut melihat hasilnya.

Apa bedanya pendeta-pendeta yang mengaku punya karunia penyembuhan dengan dukun-dukun? Keduanya sama saja. Bukan percaya Tuhan, tapi percaya SETAN. Bukankah setan suka menipu?

Ilmu hitam dan ilmu putih adalah ilmu omong kosong! Anda sudah terbiasa dididik sejak kecil untuk takut kepada ilmu hitam, lalu setelah menjadi kristen anda juga dididik untuk takut kepada ilmu putih. Padahal anda tidak pernah mengujinya sendiri bukan? Bukankah itu berarti anda lebih taku kepada setan daripada Tuhan.

Benda-benda yang Dimasuki Roh Jahat

Anda mungkin pernah mendengar cerita bahwa ada sebuah patung dewa-dewi yang disembah oleh banyak pengikutnya, dapat bergerak sendiri. Anda juga mungkin pernah mendengar sebilah keris yang bisa berdiri sendiri tanpa ada yang menopangnya. Ada lagi tulisan-tulisan atau gambar-gambar atau benda-benda tertentu yang diletakkan didalam atau di luar rumah, bisa menjaga penghuninya dari setan. Sebagai orang kristen anda tentunya percaya kalau benda-benda tersebut ada penunggunya alias dirasuk oleh setan bukan? Makanya benda-benda tersebut dipelihara dengan baik agar penghuninya tidak marah dan bisa melindungi pemiliknya.

Selain benda-benda seperti itu, anda juga mengenal ada yang namanya jimat-jimat dan mantra-mantra. Jimat atau mantra ini umumnya berukuran kecil dan selalu di bawa oleh pemiliknya, karena dipercaya benda ini bisa melindungi pemiliknya dari bahaya, bahkan bisa membuat pemiliknya menjadi sakti mandraguna seperti, kebal senjata tajam, bisa menghilang, dan lainnya. Kadang juga digunakan untuk mendatangkan rejeki. Sebagai orang kristen anda percaya benda-benda ini ada penunggunya dan pasti berasal dari setan.

Pernahkah anda melihat sendiri patung dewa-dewi yang bergerak dengan sendirinya? Jika pernah, apakah anda pernah menyentuh patung-patung tersebut untuk memeriksanya? Anda mungkin mengatakan anda takut bersentuhan dengan patung dewa-dewi, karena takut setan didalamnya berpindah ke anda. HAHAHAHA... Kalau begitu memang benar, anda lebih takut kepada setan daripada Tuhan..

Bagaimana dengan jimat-jimat? Pernahkah anda melihat sendiri kesaktian orang yang menggunakan jimat dan mengujinya? Saya yakin belum pernah dan anda takut untuk mengujinya bukan? “Jangan mencari masalah dengan setan.” Itu alasan anda. Bilang saja anda takut dengan setan dan lebih senang mencobai Tuhan.

Penampakan Setan

Sampai saat ini, masih banyak orang kristen yang takut dengan tempat gelap, rumah kosong yang sudah lama tidak ditempati, kuburan, pohon besar dan tempat-tempat lain yang terkesan menyeramkan. Tempat-tempat seperti ini dianggap ada penunggunya, alias ada setan disana. Banyak dari orang kristen yang pada akhirnya menghindari untuk melewati tempat-tempat seperti ini khususnya pada malam hari, karena takut ada penampakan.

Pernah melihat penampakan setan? Ada banyak orang yang bercerita bagaimana mereka melihat penampakan setan. Setan itu mengenakan baju putih dengan rambut panjang yang terurai. Ia sedang duduk di atas pohon besar, dan tertawa atau menangis. Orang yang melihatnya langsung lari terbirit-birit. Untung saja dia selamat, sehingga bisa menceritakan kisah ini kepada teman-temannya dan akhirnya sampai kepada anda.

Kalau mau cerita horor seperti ini, saya punya beberapa cerita:

Cerita 1

Dahulu saya pernah bekerja di sebuah perusahaan di kawasan pulo gadung. Ada cerita-cerita mistis di kantor saya ini. Pernah ada teman yang lembur hingga tengah malam. Saat sedang bekerja seorang diri, ia mencium wangi bunga melati. Seketika bulu kuduknya berdiri. Ia pun bergegas meninggalkan ruang kerjanya dan tidak berani kembali lagi sampai keesokan harinya. Pernah juga suatu pagi, atasannya menyapa kami bawahannya yang baru datang, kemudian dia bertanya kepada salah seorang teman saya kira-kira seperti ini: “Semalam kenapa kamu pamit pulang sampai dua kali ke saya?”. Teman saya menjawab “Tidak pak, saya hanya sekali keruangan bapak untuk pamit pulang duluan.” Teman saya dan atasan saat memang saat itu sedang lembur, dan jam 8 malam teman saya pamit pulang duluan. Ia mengaku hanya sekali mengatakan pamit ke atasannya, tapi atasannya mengatakan dia pamit dua kali. Lalu, siapakah orang yang satunya lagi?
Masih ada beberapa kisah mistis di kantor saya tersebut. Saya tidak pernah mengalaminya, meskipun saya pernah lembur dan menginap di kantor, dan jam 12 malam saya masih bekerja seorang diri disana. Saya tidak pernah mencium wangi bunga atau melihat penampakan yang aneh-aneh. Mungkin setannya takut sama saya. HAHAHA....

Cerita 2

Di kompleks rumah saya, ada kisah-kisah mistis juga, bahkan ada tetangga saya yang pernah kesurupan. Istri saya sendiri mengatakan pagi-pagi sekali sekitar jam 4-5 pagi ketika ia terbangun, ia pernah mendengar seperti suara perempuan menangis. Ia menceritakannya kepada saya, tapi saya mengabaikannya, karena saya lebih sering bangun pagi sekitar jam 4 pagi dan tidak pernah mendengar suara-suara aneh, kecuali suara dari masjid yang ada beberapa di dekat rumah kami.

Suatu hari, sekitar jam setengah lima pagi saya bangun. Perut saya mulas dan sayapun ke kamar mandi. Sedang asik nongkrong, tiba-tiba saya seperti mendengar suara tangisan perempuan. Saya seketika terdiam, memperhatikan suara tersebut untuk lebih memastikannya. Suara itu cukup jelas seperti suara perempuan menangis. Tapi setelah beberapa saat, saya kembali santai melanjutkan tongkrongan saya, selama sekitar 2-3 menit saya masih mendengar suara itu, sebelum akhirnya menghilang. Saya ceritakan hal ini kepada istrinya, saya mengakui mendengar seperti suara perempuan menangis yang mungkin juga pernah dia dengar, tapi saya katakan itu bukan suara kuntilanak atau setan apapun, saya jelaskan kepada istri saya suara apa itu.

Cerita 3

Cerita terakhir adalah kisah nyata dan ini adalah pengalaman saya pribadi, sebuah kisah yang sangat menegangkan, terjadi sekitar 8-9 tahun yang lalu.

Saat itu saya bekerja di sebuah perusahaan IT di Jakarta. Kantor saya terletak disebuah kompleks ruko. Saya bekerja sebagai helpdesk IT dengan sistem shift, karena perusahaan saya harus siap menangani masalah komputer di client selama 24 jam. Sistem shift ini terbagi 3, yaitu pagi jam 07.00-15.30, sore jam 15.00-23.30 dan malam jam 23.00-07,30. Hanya ada 5 orang di bagian helpdesk ini. Satu orang untuk setiap shiftnya. Jadi dalam 24 jam hanya ada 3 orang yang bergantian shift dan 2 lainnya libur. Dan terus diputar sesuai gilirannya. Jadi saya terkadang masuk kantor pagi, kadang sore dan kadang malam, begitu juga dengan pulangnya.

Saat itu saya belum memiliki kendaraan dan pulang dengan jalan kaki. Saya tinggal di sebuah kost-kostan yang berjarak sekitar 2-3 km dari kantor saya. Tapi saya sudah terbiasa jalan kaki sehingga tidak melelahkan. Jika pulang malam, maka saya harus melewati gerbang belakang kompleks ruko, karena gerbang depan sudah di tutup. Agak jauh memang jika dibandingkan lewat gerbang depan, tapi apa boleh buat. Saya kira-kira harus menyusuri setengah kompleks ruko tersebut. Perjalanannya kira-kira seperti ini : Keluar dari pintu kantor saya, saya berjalan ke kiri sekitar 10 meter, kemudian berbelok ke kanan sekitar 30 meter, lalu belok ke kiri kembali sekitar 50 meter yang langsung menuju pintu gerbang belakang.

Suatu hari, saat pulang shift jam 23.30 atau hampir tengah malam, saya mengalami suatu kejadian yang tidak terduga. Ketika di luar kantor saya melihat, malam itu banyak ruko-ruko yang tidak menyalakan lampu luarnya, sehingga suasana tampak lebih gelap dari biasanya. Suasana juga tmapak dingin mencekam, tapi saya cuek saja, karena saya sudah biasa berjalan seorang diri dengan suasana gelap dan sepi.

Keluar kantor, saya berjalan ke kiri, kemudian berbelok ke arah kanan. Saat berbelok itulah saya terkejut sekali... Suasana ruko-ruko di belokan kanan itu lebih gelap karena banyak yang tidak menyalakan lampu luar. Tapi di ruko yang paling ujung sebelum saya berbelok ke kiri lagi, lampunya cukup terang. Yang menjadi masalah bukan gelap atau terangnya. Tapi... didepan ruko yang terletak diujung itu, yang lampunya terang, saya melihat seseorang yang berdiri tegap menghadap ke saya. Ini mungkin tidak terlalu mengejutkan, yang paling mengejutkan adalah, orang yang berdiri tegap tersebut tidak mempunyai KEPALA.

Meskipun saya berjarak sekitar 30 meter dari orang tersebut, saya bisa melihat dengan jelas kalau ia memang tidak memiliki KEPALA, karena lampu di tempat ia berdiri cukup terang. Saya menghentikan langkah saya.. Hawa dingin menghampiri saya, BULU KUDUK berdiri, saya MERINDING dari ujung kaki hingga kepala. Di depan saya ada sesosok manusia, ia menggunakan pakaian security (satpam), berdiri tegap menghadap ke saya seolah menantang, tapi... tidak ada KEPALANYA. Mungkin ia dulu satpam penjaga kompleks ruko ini yang mati dipenggal kepalanya oleh perampok yang ingin merampok di ruko.

Apa yang akan anda lakukan jika melihat penampakan seperti ini? Lari terbirit-birit bahkan sampai terkencing-kencing, atau jatuh pingsan, atau menangis sejadi-jadinya sambil menutup mata dan berharap mahluk tersebut pergi. Atau anda sibuk berdoa dan menengking dalam nama Yesus. Jika itu yang anda lakukan, maka inilah yang saya lakukan.

Saya terdiam, kemudian menarik nafas panjang untuk menenangkan diri sesaat. Anda tahu apa yang saya pikirkan saat itu? Saya tidak mungkin lari dan saya pun memang tidak berniat lari, karena dari cerita-cerita tentang hantu, mereka bisa kembali muncul dengan tiba-tiba di depan saya bukan? Saya berpikir, mahluk ini, apapun itu, ia seperti menantang saya, artinya sepertinya saya memang harus bertarung. Tapi apa saya akan MENANG menghadapi penampakan mahluk tanpa kepala di depan saya? Sayangnya saya berpikir saya pasti MENANG atau setidaknya selamat. Saya bukan sedang menyombongkan diri, tapi ini alasan yang ada dipikiran saya saat itu.

“Pertama : Mahluk itu tidak memiliki kepala, artinya kalau saya memang harus bertarung dengannya, saya pasti MENANG karena dia tidak mungkin bisa melihat saya. Dia akan kesulitan untuk memukul saya karena tidak dapat melihat saya, sebab kepalanya tidak ada bukan. Kedua : Saya ingat cerita-cerita horor kalau hantu itu adalah roh, dan roh tidak bisa di pukul karena tidak berbentuk fisik. Setiap pukulan saya mungkin akan lewat begitu saja menembus tubuhnya. Tapi, ini juga berarti dia juga tidak bisa memukul saya, karena dia roh, pukulan diapun pasti akan lewat begitu saja menembus tubuh saya. Ini berarti saya akan SELAMAT bukan?” Itulah pikiran konyol saya saat itu.

Akhirnya saya memutuskan untuk mendekati manusia tanpa kepala itu. Saya berjalan perlahan sambil terus menatap mahluk tanpa kepala ini, jangan-jangan dia melakukan tindakan yang mencurigakan. Dia tetap berdiri tegap dan tidak bergerak dari posisinya berdiri. Saya pun semakin mendekati dia, sampai akhirnya saya berhadapan dalam jarak sekitar 3 – 4 meter. Saya menghentikan langkah saya.

Apa yang terjadi? Anda bertanya-tanya siapa yang menang dalam pertarungan dua mahluk beda alam ini? Untuk saat ini saya simpan dahulu kelanjutan kisah ini. Tapi anda tahu hasil akhirnya kan? Saya masih ada disini untuk menuliskan kisah ini.

Inilah kisah nyata yang saya alami, bukan karangan untuk menakut-nakuti anda.

Saat itu, saya sudah Kristen, tapi masih Kristen KTP. Saya tahu tentang ajaran tengking menengking setan, tapi tidak saya lakukan. Saya bahkan tidak berdoa. Mengapa..? Karena saya belum dapat memastikan mahluk apakah itu, manusia tanpa KEPALA?


Apa itu Penampakan?

Anda yang mengaku beriman kepada Yesus, ketika samar-samar melihat ada bayang hitam di tempat gelap, anda langsung merinding dan mulai menyebut-nyebut nama Yesus dalam hati. Tapi karena tidak tenang, andapun menyanyi lagu-lagu gereja yang ada nama Yesusnya, dengan harapan anda tidak diganggu, tapi karena merasa masih merinding dan percaya bahwa merinding adalah tanda kehadiran mahluk halus, anda pun mulai membaca mantra mengusir/menengking setan dalam nama Yesus, tapi anda lakukan perlahan saja, karena kalau berteriak-teriak anda takut di kira orang gila. Anda juga mempercepat langkah anda untuk segera pergi dari tempat tersebut bukan? Padahal bayangan hitam yang bergerak itu hanyalah bayangan daun pohon yang tertiup angin. TRAGIS sekali.

Saat melihat sesuatu yang tidak biasanya, sebenarnya otak anda bekerja untuk mengenali apa yang anda lihat. Otak akan mengarahkan untuk mengenal sesuatu itu dengan yang sudah dikenalnya. Itu sebabnya tidak mengherankan, anda pernah melihat awan di siang hari yang terkadang bentuknya seperti binatang tertentu, atau melihat bayangan yang menyerupai benda tertentu.
Ketika mati lampu, anda menyalakan lilin. Saya tidak tahu pernahkan anda memainkan permainan ini. Anda bisa memainkan kedua tangan anda di depan lilin dan bayangan tangan anda membentuk binatang tertentu di dinding. Kira-kira seperti itu.

Bagaimana dengan penampakan? Seseorang yang melihat “penampakan” apalagi pada malam hari di tempat yang sepi, akan timbul rasa takut. Lalu otak anda akan berusaha mengenali penampakan itu. Jika otak anda tidak mengenalinya, maka otak anda akan tetap berusaha mengenalinya dan mencari yang paling mirip dengan yang sudah dikenalinya. Berhubung anda merasa takut dan suasana yang mendukung, otak anda akan terbawa dalam gambaran negatif atau gambaran yang menakutkan yang pernah dikenalnya di masa lalu. Jika anda suka menonton film-film horor, membaca cerita-cerita horor dan imajinasi anda pernah bermain-main di situ untuk membayangkannya, maka sangat mungkin sekali anda melihat “penampakan” itu sebagai “pocong”, “kuntianak”, atau bentuk-bentuk menyeramkan lainnya.

Saat menceritakannya ke orang lain, imajinasinya bermain, sehingga seolah-olah ia benar-benar melihat penampakan setan. Cerita ini kemudian menyebar dari mulut ke mulut dan menjadi bervariasi, sehingga muncullah cerita-cerita mistis baru.

Ketika melihat penampakan, beranikah anda mendekatinya atau bahkan menyentuhnya untuk memastikannya? Rasa takut anda mungkin lebih besar dan anda lebih memilih untuk melarikan diri, padahal apa yang anda lihat itu mungkin saja bukan apa-apa. Anda tahu ketika saya melihat penampakan mahluk tanpa kepala itu, saya memang benar-benar mendekatinya, bahkan menyentuhnya, sehingga saya ada hingga hari ini dan bisa menuliskan tentang ini.

Merinding, Tanda Kehadiran Setan?

Ada hamba Tuhan yang mengajarkan bahwa kita bisa mengetahui kehadiran kuasa gelap/setan. Tuhan memberikan kepada manusia sebuah sinyal untuk mengetahui kehadiran kuasa gelap. Apakah sinyal itu? Bulu Kuduk berdiri atau merinding, itulah tandanya.

Benarkah hal ini? Sepanjang yang saya tahu Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa merinding/bulu kuduk berdiri adalah tanda kehadiran kuasa gelap. Ketika berjalan seorang diri ditempat yang sepi dan gelap, kita sering merasa merinding dan bulu kuduk berdiri, apakah itu berarti ada setan disana?

Dulu saya percaya, bulu kuduk berdiri tanda kehadiran setan. Bulu kuduk saya juga terkadang berdiri ketika melewati tempat gelap di malam hari. Tapi saya belajar dan mengamati, apakah benar bulu kuduk berdiri tanda kehadiran setan.

Jawabannya sederhana, saya tidak pernah menemukan satu kasuspun yang menunjukkan bahwa bulu kuduk berdiri adalah tanda kehadiran setan. Tapi saya menemukan beberapa penyebab buku kuduk berdiri.

Umumnya penyebab utama merinding dan bulu kuduk berdiri adalah Gelap dan rasa takut. Berada didalam gelap seorang diri yang dikombinasikan dengan rasa takut seperti takut setan, takut bayangan hitam, takut dengan suara-suara yang tidak jelas, bisa menyebabkan bulu kuduk berdiri. Malam hari ketika melewati tempat gelap seorang diri dengan suasana remang-remang, akan timbul rasa takut dalam diri anda. Tidak lama kemudian andapun mulai berimajinasi dan merinding. Padahal kalau anda melewati tempat yang sama pada waktu siang hari, anda akan merasa biasa-biasa saja.

Pernahkah anda kedinginan? Pasti pernah. Saya yakin setiap orang pernah kedinginan. Apakah setiap kali kedinginan, anda merinding? Jawabannya belum tentu. Tapi suasana dingin ditambah gelap memang bisa mendukung berdirinya bulu kuduk anda.

Rasa geli juga bisa menyebabkan merinding, terutama dibagian belakang leher anda. Cobalah elus bulu-bulu halus dibagian belakang leher anda, atau minta orang lain yang melakukannya, pasti lebih terasa merindingnya. Sebagai tambahan, menahan nafsu birahi juga bisa membuat anda merinding. Pernah mengalaminya? HAHAHAHA.....

Pernahkah orang yang merinding atau bulu kuduknya berdiri, benar-benar melihat setan atau penampakan? Saya ragukan itu. Bukankah cerita-cerita tentang penampakan semuanya samar-samar dan tidak jelas.

Jadi, darimanakah ajaran bahwa merinding atau bulu kuduk berdiri merupakan tanda kehadiran kuasa gelap. Itu semua asalnya dari para dukun-dukun yang ingin menipu anda. Sayangnya orang-orang yang mengaku hamba Tuhan pun mengadopsinya dan mengajarkan hal yang sama. Itulah hamba tuhan palsu yang sebenarnya sedang berperan menggantikan kata dukun. Bukankah menyeramkan jika ia mengaku dukun dan lebih mudah mengaku hamba Tuhan tapi mengajarkan ajaran dari dukun-dukun bukan dari Alkitab.

Kesimpulan

Masih banyak hal-hal lain yang menunjukkan umumnya orang kristen yang mengaku percaya Tuhan, lebih takut kepada setan, akibatnya, lebih percaya ajaran setan daripada ajaran Alkitab itu sendiri. Lalu untuk menyakinkan bahwa anda lebih percaya Tuhan anda Alkitab, anda menggabungkan ajaran dari dukun-dukun dengan ajaran Alkitab dan menganggap apa yang anda percayai, apalagi jika berasal dari pendeta atau hamba Tuhan yang diurapi dengan kuasa mengusir setan, pasti benar dan sesuai dengan Alkitab. Padahal justru sebagian besar ajaran pendeta atau hamba Tuhan yang katanya diurapi dengan kuasa mengusir setan itu sebenarnya ajaran dari dukun-dukun, tahayul-tahayul, cerita-cerita mistis di luar Alkitab.

Jika anda mendengar cerita-cerita mistis atau supranatural, jangan langsung percaya, sekalipun itu dibumbui dengan ayat-ayat Alkitab. Anda harus melihatnya sendiri dan mengujinya secara langsung. Jika tidak bisa, maka anda bisa menjadikan Alkitab sebagai standar pengujian anda. Banyak ajaran tentang setan yang sama sekali berbeda dengan ajaran Alkitab, bahkan sangat bertentangan.
Kalau percaya YESUS, Kenapa takut sama SETAN!?

Comments

Inspironi said…
Bener, saya setuju dengan Anda. Ulasan Anda menarik dan dalam :)
Unknown said…
Tuhan dicobai oleh ibliz?
Bukankah ibliz sendiri adalah makhluk ciptaan Tuhan..
ibarat kamu diciptakan oleh ortumu,apakah kamu berani mencobai ortumu yang mengasuh dan menyayangimu sejak kamu lahir?
Teology apa Tolology?
Renungkan kembali...
Judy Husin said…
@Tiara Fusila, Saya tidak pernah menuliskan kalimat "Tuhan dicobai oleh ibliz". Kalau yang anda maksudkan adalah "Iblis mencobai Yesus", silakan baca kembali Alkitab anda di Matius 4:1-11, atau Markus 1:12-13 atau Lukas 4:1-13.
Jangan jadi sok pintar kalau otak anda kosong, sebaiknya anda segera belajar Teologi, jangan terus bangga dengan ilmu Tolologi anda.
Unknown said…
Oooooo..
Berarti Yesus itu bukan Tuhan ya..
Berarti pula kamu bukan kristen sejati
Baca alkitabmu sampe tuntas & dipahami pakai akalmu sebagai manusia,kcuali kamu sudah berubah jadi hewan(domba)yang punya otak tapi tak punya akal.
Tipikal domba memang hanya manut hardikan para gembala..
Judy Husin said…
@Tiara Fusila, Anda ini tolol sekali ya... Justru karena saya mengakui Yesus itu Tuhan makanya saya menunjukkan bahwa yang anda maksudkan adalah kalimat saya tentang Yesus. Setidaknya lebih baik anda baca dahulu ayat-ayat yang saya berikan diatas, lalu tunjukkan pada saya apakah ayat tersebut tidak menjelaskan bahwa Iblis mencobai Yesus, jadi bisa kita bahas tentang kebenarannya. Jika anda bicara omong kosong seperti ini dan menuduh saya dengan tanpa bukti, itu namanya anda memfitnah, atau yang mungkin sering dikatakan orang Kristen, "Anda sedang menghakimi saya".
Unknown said…
Sdh saya obok" alkitab awal sampe akhir tapi saya tidak menemukan ayat" yang menunjukkan kalo yesus itu Tuhan,yang ada yesus bicara jujur kalo beliau hanyalah seorang utusan dan itupun hanya untuk umat di izrael,apakah kamu orang izrael?
Bangun sob..
Sadar woooii..
Kamu sedang hilang akal coy
Unknown said…
Makanya sob kalo akalmu masih nempel diotakmu gunakan untuk berpikir
Kamu tunjukin ayat tentang ibliz mencobai yesus kan? & kamu juga mengakui dan percaya kalo yesus adalah tuhan..
Nah sekarang otakmu buat berpikir ya..
Yesus adalah Tuhan
Ibliz,setan,demit,tuyul dll adalah ciptaan TUHAN
kok beraninya ibliz itu mencobai Tuhannya yang notabene menciptakannya apa tidak takut dimusnahkan oleh Tuhan?
Pakai akalmu sebagai manusia sob,jangan minus akal seperti hewan domba
Unknown said…
Gimana sob??
Sudah sadar apa masih hilang akal?
Kalo kamu masih percaya dengan bualan para gembalamu berarti kamu masih TOLOL aka GWOBLOG rohani
Judy Husin said…
@Tiara Fusila, Anda memang benar-benar TOLOL, anda sendiri diciptakan Tuhan dan sadar gak kalo anda sendiri sering mencobai Tuhan.
Anda hanya orang TOLOL yang sok pinter tapi bicaranya bicara tidak jelas. Silakan komen sesuka anda, saya tidak akan melayani lagi.
Unknown said…
Judy.. Judy....
Kasihan banget kau jadi manusia punya akal tapi gak bisa buat mikir,sangat cocok memang dengan sebutan domba.
Kamu yang nunjukin ayat tapi begitu saya minta akal sehatmu buat berpikir tentang ayat tersebut malah kamu menuduh orang lain tolol.
Bukankah kamu sendiri yang pantas disebut TOLOL aka GWOBLOG karna akalmu sudah sakit.
Perintah dan ajaran yesus kamu singkirkan
Tapi perintah paulus yang notabene seorang manusia kamu laksanakan.
BODOH sekali kau
Pintarpun tidak cerdas sama sekali
Unknown said…
Coba kamu renungkan ayat ini
"Percuma mereka beribadah kepadaku sedangkan ajaran yang mereka ajarkan adalah perintah manusia" (markus 7:7)
Cocok sekali dengan kelakuanmu saat ini
Kalian yang beribadah kepada yesus tapi bukan ajaran dan perintah yesus yang kalian lakukan,malah ajaran paulus (manusia) yang kalian laksanakan
Unknown said…
Kalau kamu mengaku kristen sejati seharusnya semua ajaran dan perintah yesus harus kamu kerjakan..
Tapi kalau justru perintah paulus yang kamu kerjakan berarti kamu membangkang perintah yesus..
SEBAB PEMBERITAAN TENTANG SALIB ADALAH UNTUK ORANG- ORANG YANG AKAN BINASA
siapakah yang diberitakan tentang salib? tentu jawabannya adalah para domba/ umat kristen
Lalu siapakah yang akan binasa? tentu jawabannya juga umat kristen
Baca yg tuntas,pelajari,dimengerti dengan akal sehatmu
Unknown said…
halo judy..
Knapa bungkam?
Ada apa dengan umbelmu eh bible mu?
Anonymous said…
Tiaroh ini ketara bngt bloon nya..,

Hahahaha... :D

Lu baca lg ayat yg lu kutip di pasal 8 cuy..

Ajaran manusia itu apa..

Lu muslim yaa, pahamin dulu koran lu, siapa itu si mahmud penunggu jin goa hira sm allah asululoh lu baru belajar alkitab setelah bertobat,,

Gue juga udh bolak balik koran smpe busuk ttep gak gue temuin si alloh bilang mahmud utusN gue..
Anonymous said…
UMAT JIN GO HIRA BAKAL KEBAKARAN KLAU TAU AYAT INI :

2 KORINTUS 4:5

SEBAB BUKAN DIRI KAMI YANG KAMI BERITAKAN TETAPI YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN DIRI KAMI SEBAGAI HAMBAMU KARENA KEHENDAK YESUS..

TUH BUAT ORANG YG NGAKU2 UDAH OTAK ATIK BIBLE TAPI GAK TAU AYAT INI SEPERTI SI PELACUR TIARa ini, keturunan dedemit yg amat sangat tolol dan goblok...

Liat deh abis nih tiara bloon ngelantur ke juruslain d3h, udh biasa orang ky tiara bloon di grup2 muslim kesasar sperti dlm korannya yg dr zaman dulu kal meminta JALAN LURUS kagak ktemu2, apalagi dlm surat AlJin serem bngt...

Hahahaahahha.... ;)
Anonymous said…
Ngemeng2 tentang akal, lu tau donks sodara2 lu si setan, dedemit, itu mhluk apa, mahluk Roh kan, nah gunakan akal lu, pd saat Yesus dicobai dia dalam bentuk apa, jasmani atau roh?, Sperti lu jasmani makanya sodara lu juga bisa mencobai lu, klo lu mahluk roh gak mungkin emak bapak lu tau klo lu dicobain sodara lu...

Tapi klau ngebahas Kuasa.. klo lu kristen psti tau, tapiiiiii krn lu pengikut jin goa hira maka lu gak akan pernah tU, sukurin lu... goblok sih lu...

GUE DALAM GRUP SELALU BERPESAN INI UNTK PENGIKUT JIN GOA HIRA :

bukan kapasitasnya orang ISLAM berdebat dgn orang KRISTEN.
orang ISLAM tidak tahu ALLOHnya & wujud ALLOH nya....bahkan muhammad saja tidak tahu wujud & ALLOH nya..!
sebelum berdebat dgn orang KRISTEN cari tahu dulu& tanya sama muhammad yg engkau sembah ALLOH wujud nya apa?

AL QURAN hanya karangan & cuplikan ayat2 dari kitab TAURAT & kitab INJIL.
karena muhammad punya istri yaitu siti khadidjah itu seorang kristen & punya paman bernama waraqah bin naufal yg adalah seorang pendeta.

tidaklah mungkin jika AL QURAN benar2 wahyu TUHAN banyak kontradiksi.
contoh : AL quran 68(AL Qalam)10 : Dan Janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina.
berpuluh2 nat/ayat AL QURAN banyak sumpah nya..mungkin 40% dari Al quran itu sendiri.

Bye... ;)
Unknown said…
wah wah..
Kristen memang botol tol..
bisanya cm ngemeng ngalor ngidul gak sesuai alkitabnya.
ngambil ayat" al quran aja cm spenggal" persis kaya dia ngambil dr kitab umbelnya.yg enak" diambil yg ga enak dibuang..
Judiii.. Judiii...
lu ngaku bertuhan yesus tp membangkang perintah yesus sendiri yg notabene perintah dari tuhanNYA yesus sendiri yaitu Allah/Bapa karena yesus sendiri dgn jujur sudah mengaku kalo dia hanya seorang utusan dari Tuhannya..
Apakah utusan sama dengan yg mengutus? logikamu dimana jud?
Unknown said…
otakmu benar" sudah dicuci gereja sejak kecil.. makanya km tdk bisa mnerima kebenaran hakiki
Unknown said…
Kitab yg sdh diobok obok pun masih kamu percayai...
wah wah otak km benar benar sedang sakit judd..
kamu pintar bermain kata tapi GOBLOk secara Rohani
ck ck ck.. kasian kali kau nak
Unknown said…
satu lagi jud buat renungan kamu..
Mana ada nama surat" & ayat" dlm al quran seperti yg kamu sebutin itu
Belajar al quran itu dari sumbernya yg asli jud,silahkan kamu baca nas/bacaan arabnya & pelajari.jgn hanya baca terjemahannya saja sob..bebas kok ga dipungut biaya tp al quran yg dibuat oleh depag/arab saudi ya
Tp kalo Koran buatan gereja ya jelas melenceng jauuuhh seperti kitab umbelmu yg selalu ada revisi tiap terbit.. kitab suci kok berubah-ubah,itu kitab dari tuhan apa dari hantu?
Unknown said…
Hello judy...
Biar akalmu bisa kembali normal lu baca aja dech the five gospel lalu baca juga apa aja komentar para ahli/pakar teology didalamnya yang notabene lebih pintar dari kamu
Gelar teologynya pun tidak serendah kamu,disitu ada profesor.doktor.& sarjana
& jumlahnya jg tdk sedikit
Biar kamu makin cerdas lagi
Googling aja perintah yesus vs perintah paulus
Googling lagi asal usul sejarah natal
Googling lagi sejarah agama kristen
Unknown said…
Carilah kebenaran sejati yang dari Tuhan semesta alam yang notabene Tuhannya yesus juga dan Tuhannya semua makhluk hidup
Jangan asal percaya dan iman saja seperti bualan paulus si pendusta
Unknown said…
@anonymouse..
mari kita lanjut bedah alkitab umbelmu kalo memang kamu bukan seorang pengecut serigala berbulu domba seperti paulus
Jangan cuma jadi penyesat demi meraup uang dari jemaatmu
Anonymous said…
@tiara, konsep keselamatan manusia dari dosa dengan pengorbanan darah KRISTUS memang sangat sulit diterima bagi non kristen...

theologi kristen bisa anda baca di http://www.sarapanpagi.org/--------

kristen telah lama menjawab pertanyaan ttg "Injil palsu" dengan temuan gulungan kitab suci di laut mati yang usia nya 1.000 tahun lebih tua dari temuan yang sebelumya dan tidak satu kata pun yang berbeda..

pertanyaan seorang detektif jika menemukan kasus ttg buku palsu adalah dimana "buku yang asli" ... jika jawabanya di surga,,, mengapa ALLAH YANG MAHA BESAR tidak mampu melindungi firmannya di dunia???

jika kristus tidak disalib melainkan di ganti dengan sosok lain.. mengapa ALLAH YANG MAHA KASIH, membiarkan hal tersebut hingga tahun 600 M ??

Unknown said…
Siapa yang membuat konsep penebusan dosa?
Jawabnya tentu paulus kan?
Siapa paulus?.
Nama aslinya adalah saul dari tarsus & dia juga mengaku sendiri dalam tulisan tangannya kalau dia adalah seorang pendusta
Kalau kamu pintar tentunya akan mengerjakan semua perintah" dari yesus yang kalian tuhankan itu
Bukannya malah mengerjakan perintah" paulus yg mengaku" seorang rasul itu yg sebenarnya seorang pendusta
Unknown said…
Lebih tinggi mana kedudukan Yesus sebagai Tuhan dengan seorang Rasul bernama Paulus?
Tahu gak perbedaan dari Tuhan dan utusan tuhan?
Yesus waktu disalib tentara romawi pun berteriak teriak "ELI ELI LAMA SABACKTANI" (tuhanku tuhanku mengapa engkau meninggalkan aku)
Yesus pun berteriak kesakitan memanggil Tuhannya
Itu sudah membuktikan kalau Yesus adalah bukan Tuhan
Kenapa kalian tidak menyembah Tuhan yang di sembah oleh Yesus?
Yesus sendiri pun mengaku dalam kitab umbelmu kalau dia hanya seorang utusan dari Tuhannya
Lalu kenapa kalian justru mengerjakan perintah paulus si pendusta?
Kenapa tidak menuhankan paulus sekalian?
Pakai otakmu kawan @ anonymous pengecut yg tak berani jujur sebutin nama sendiri
@anonymous
Jujurlah pada diri sendiri sebelum mengajari orang lain,demi uang perpuluhan jemaat kamu mengingkari kebenaran yang sejati yang notabene dari Tuhannya Yesus juga
Unknown said…
Ayo anjing-anjing sadarlah pakai akalmu sebagai manusia jangan hanya percaya bualan para pendetamu yang hanya menginginkan uang perpuluhanmu
Tanpa perpuluhanmu tak ada yang mau jadi pendeta
Karna pendeta adalah jabatan yang notabene untuk mencari uang
Unknown said…
Carilah KEBENARAN yang sejati yang dari TUHAN pencipta alam semesta dan seisinya yang pastinya Tuhannya yesus juga dan Tuhan kita semua
Jangan hanya percaya PEMBENARAN dari mulut pendeta/gembala gereja yang notabene seorang manusia
Karena TUHAN itu tidak mungkin salah akan tetapi manusia pasti punya salah
Unknown said…
Nah itu kalian lihat sendiri kan bagaimana sikap para pendeta & gembalamu bila sudah ketahuan boroknya?
Sebutin nama sendiri aja tidak berani apalagi tunjuk muka
Begitulah sikap mereka yang sebenarnya
Masihkah kalian percaya dengan bualan gila mereka gaes?
Pakai otakmu gaes kalian dikaruniai akal untuk berfikir selayaknya manusia yang bisa bicara dan berbudaya
Kalian bukan binatang kan? Kalo binatang jelas punya otak tapi tidak bisa berfikir seperti manusia
Semoga akalmu masih nempel diotakmu gaes...
Unknown said…
aku tidak takut mahkluk halus, karena aku dirumah pelihara mahkluk halus...
bahkan kukembang biakkan untuk pengolahan limbah
karena mahkluk halusku sudah kuperdaya
Judy Husin said…
@Sigid Santoso
Hahaha... kalo mahluk halus seperti ini, silakan di piara..
Unknown said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said…
Baca lagi bible mu dari awal sampe akhir & pahami...
Kalau sdh faham brarti kalian pintar plus cerdas
Kalo ga faham juga haddew kalian sama bodohnya dgn gembalamu
Unknown said…
hahahaha....
Lucu juga tapi masih bodoh pula...
Unknown said…
Hey judy...
Knapa jd admin mlh gak gentle gitu??
Koment sy malah kamu bolak balik harusnya didepan jadi dibelakang
Begitu ya karakter kalian???
ckckckckckck....
Unknown said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Judy Husin said…
@Tiara Fusila
Maaf neng, komen yang saya hapus karena muncul dua kali, dan saya hapus yang di atas. Jadi maaf ya neng kalo eneng maunya yang di bawah di hapus.

Komen yang ini juga ada dua neng. Jadi yang di bawah saya hapus ya... thanks.
Margareth said…
Wah, Tiara ini unik sekali ya... Marah-marah sendiri, memaki-maki sendiri.. Bahkan SEANDAINYA APA YANG DIA KATAKAN ITU BENAR, susah untuk bisa menerima KEBENARANNYA tersebut, karena disampaikan dengan caci maki, kemarahan tak tentu arah dan KEBODOHAN YANG NYATA.. Tiara... Tiara... Tiara... Lucu banget kamu..
Unknown said…
@margareth
Wah.wah.wah
Orang saya kasih pengertian biar kalian pintar malah disangka marah" & caci maki sendiri hadew cape dech...
Sbegitu bebal & bodohnya u margareth??
Lebih percaya bualan paulus sipendusta
Yesus yang kalian Tuhankan malah diabaikan semua perintah & ajarannya
ckckck.. Parah skali
hotma arios said…
This comment has been removed by the author.
hotma arios said…
Thankyou buat artikelnya. Sangat menolong dan membangun. Buat kak Tiara fusila juga terima kasih sebanyak banyaknya untuk postingan yang sangat tidak membangun. Kalau boleh, tolong buktikan kalau paulus itu pendusta yesus dan di kitab mana tertulis beserta pasal nya. Tolong jangan menyembur nyemburkan bualan yang tidak membangun.
Unknown said…
Thanks juga adik hotma yg sdh mau belajar...
Unknown said…
Silahkan pelajari apa perintah yesus versus perintah paulus di bible mu
Biar mudah googling aza banyak bertebaran disana
hotma arios said…
Kakak ajalah yang yang posting langsung. Biar kami yang mau baca gak salah sangka. Langsung sama ayat firmannya ya kak. Makasih kak
Anonymous said…
Tiara santai aja kale kalo ngomong, gak usah marah2x gitu. Klas brp lu? Pasti masih bocah yah? Wkwkw.
Unknown said…
@anonymous...
ckckckckck...
Tipikal pengecut yg cari gaji di gereja pasti
Unknown said…
@ adik hotma
Kalo adik tidak mau membuka bible kapan bisa pintar & cerdas?
Trus apa gunanya bible mu?

Judy Husin said…
@Tiara Fusila
Tolong kalau memberi komentar cukup satu kali saja, jangan di ulang-ulang atau saya akan blokir komentar anda seperti komentar anda di website-website lain.
Unknown said…
@ kakak judy
Trimakasih atas atensinya
Tapi saya cuma klik 1x kalo terkirim dobel ya saya sendiri tidak tahu
Judy Husin said…
@Tiara Fusila
Kalau begitu ganti mouse anda, sepertinya mouse anda rusak.
Anonymous said…
woy tiara lu pake mouse apaan emang??? Apa mouse lu udh sering kau klik-klik terus hingga rusak? Silahkan pakai mouse gaming aja biar mantap!!! wkwkwkwk.
Unknown said…
@kakak judy thanks sarannya
@anonymouse ketahuan banget dari gaya bicaramu norak kampungan,jelas sekali kalau kamu sedang mabok
Unknown said…
@anonymouse
Jadilah Gentleman,jelas banget kalo kamu takut kehilangan jemaatmu
Demi uang perpuluhan kamu jadi penipu,pendusta,penjilat
Tak akan lama mereka akan tahu kebenaran yg sedang kamu tutupi selama ini
Karna KEBENARAN itu berasal dari TUHAN yang tak mungkin salah setitikpun
Kalo PEMBENARAN jelas berasal dari manusia yang sangat banyak salahnya
Bagi kalian yg cerdas pasti akan mencari kebenaran yang dari tuhan
Bagi yg bodoh jelas hanya mengikuti pembenaran dari manusia (pendeta/gembala gereja)
Unknown said…
@anonymouse
Jadilah Gentleman,jelas banget kalo kamu takut kehilangan jemaatmu
Demi uang perpuluhan kamu jadi penipu,pendusta,penjilat
Tak akan lama mereka akan tahu kebenaran yg sedang kamu tutupi selama ini
Karna KEBENARAN itu berasal dari TUHAN yang tak mungkin salah setitikpun
Kalo PEMBENARAN jelas berasal dari manusia yang sangat banyak salahnya
Bagi kalian yg cerdas pasti akan mencari kebenaran yang dari tuhan
Bagi yg bodoh jelas hanya mengikuti pembenaran dari manusia (pendeta/gembala gereja)
Unknown said…
@anonymouse
Jadilah Gentleman,jelas banget kalo kamu takut kehilangan jemaatmu
Demi uang perpuluhan kamu jadi penipu,pendusta,penjilat
Tak akan lama mereka akan tahu kebenaran yg sedang kamu tutupi selama ini
Karna KEBENARAN itu berasal dari TUHAN yang tak mungkin salah setitikpun
Kalo PEMBENARAN jelas berasal dari manusia yang sangat banyak salahnya
Bagi kalian yg cerdas pasti akan mencari kebenaran yang dari tuhan
Bagi yg bodoh jelas hanya mengikuti pembenaran dari manusia (pendeta/gembala gereja)
Anonymous said…
Tangan Tuhan yang berkuasa akan menyertai anak2 nya (orang2 percaya),, jgn takut dan cemas sebab Tuhan Yesus menyertai anak2nya yang setia sampai mati..
Unknown said…
Yesus Tuhan??
Berani sekali kamu menentang perkataan yesus dalam bible mu
Unknown said…
Yohanes 5:30
Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri,Aku menghakimi sesuai apa yang aku dengar,Dan penghakimanku adil,Sebab aku tidak menuruti kehendakku sendiri,MELAINKAN KEHENDAK DIA(ALLAH) YANG MENGUTUS AKU(YESUS)
Unknown said…
Lukas 10:16
Barangsiapa mendengarkan kamu,ia mendengarkan aku,dan barangsiapa menolak kamu,ia menolak aku,dan barangsiapa menolak aku,ia menolak DIA(ALLAH) yang mengutus aku(YESUS)
Unknown said…
Markus 9:37
Siapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaku,ia menyambut aku,dan barangsiapa menyambut aku,bukan aku yang disambutnya,TETAPI DIA(ALLAH) YANG MENGUTUS AKU(YESUS)
Unknown said…
Matius 10:40
Barangsiapa menyambut kamu,ia menyambut aku,dan barangsiapa menyambut aku,ia menyambut DIA(ALLAH) YANG MENGUTUS AKU(YESUS)
Unknown said…
Yesuslah yang diutus bukan paulus yg mengaku" seorang rasul,dan yang mengutus adalah ALLAH,dan ALLAH lah tuhan yang seharusnya kalian sembah sesuai perintah yesus
Unknown said…
Mau cerdas sesuai perintah yesus??
Atau masih mau memelihara kebodohan dalam dogma paulus/pendeta & gembala gereja??
Unknown said…
xixixixixixixi...
Gembala bodohnya kehilangan arah ni
Domba tololnya makin tersesat deh
Kaciaaaaaann dech lu..
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
hotma arios said…

@tiara fusila
Kalo kk memang tau smua perintah Allah dan kk adalah orang terpintar sejagat raya seharusnya kk gk ngomong kasar kayak gitu. Seharusnya kk lbih BIJAK dan tidak mengeluarkan kata kaya gembala bodoh,domba tolol dll. Kak aku msh muda dan perlu di ajari. Kalo kk ngomongnya gtu gmna aku mau peecaya?? Andaikan kk benarpun aku jadi takut percaya sama kk
hotma arios said…
@tiara fusila
Mau kk sebenarnya apa sih??
Kalo mau ngajarin posting aja lagi. Kk gk rugi kan? Trus kita jg gk nuduh kk yg enggak enggak. Dan kalo kk memang mau debat tempatnya itu di pengadilan kak. Kk bisa ngumpulin smua bukti dan tuntut org yang bersalah. Tp aku berharap ini bkn sifat kk. Kk org baik yg mau ksh penjelasan. Tp kalo sifat kk memang gni aku angkat tangan dan lbih baik belajar sama pendeta lain,bkn sama kk
Unknown said…
Makasih adik hotma
Kk cm nyindir pndetamu yg cm cari gaji di greja tp sbenarnya menyesatkanmu,menjauhkanmu dari semua perintah yesus tp justru mengajarimu dgn dogma paulus,ibarat serigala berbulu domba
Unknown said…
Diajak halus kk bs lebih lembut,diajak norak kk bisa lbh galak
Itulah sifat kk agar kalian bs sadar & bs menggunakan akal selayaknya manusia
Karna kalian sebenarnya lahir tanpa setitik dosa pun,tapi demi perpuluhan kalian ditipu mentah" agar mau menebus dosa dgn sarana uang,tanpa perpuluhan tdk ada yg mau jadi pendeta & greja akan bangkrut
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Sadarlah kawan...
Kalian itu manusia & bukan hewan domba kan??
Mari gunakan akal fikiranmu biar sehat
Dogma paulus laknat hanya akan membunuh akalmu & menjadikanmu seperti hewan yg takut dihardik oleh gembalanya
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Gila Gembalanya pada kaburrrrr...
Mana ni si anonymous oon yg cm bisa koar" tak sesuai biblenya.
Ayo domba" sadarlah,berubahlah jadi manusia seutuhnya.
Kalian selama ini telah ditipu luar dalam dgn ajaran siPaulus yg menyesatkan.
Ikutilah agama yg hanya menyembah Allah saja.
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
guys udah ga usah debat inget aja ayat ini, matius 7:6
"jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.
emang bener kata alkitab sesuai banget
Unknown said…
@timothy
Silahkan dibolak balik biblemu..
Siapa yg dirubah jadi kera & babi
& Siapa yg disebut anjing oleh yesus
Kalau km cerdas pasti akan sangat malu sendiri..
Anonymous said…
Tiara fusila.. Tuhan tahu siapa anda.. Segala perkataan dan ucapanmu akan kamu pertanggung jawabkan saat Dia datang..
Anonymous said…
Tiara fusila.. Setuju (@anonymous)Berdiam dirilah kawan Tiara.. Tuhan Yesus tidak akan menyelamatkanmu jika engkau tidak percaya kpd Tuhan Yesus.. Kalau km masih keras kepala percayalah kepada Tuhan mu sekarang.. Tuhan Yesus tidak memaksa. Dia baik.. Memang banyak yang sulit mengakui Yesus adalah Tuhan.. Saya bersyukur bisa mempercayai Yesus adalah Tuhan.. Jesus you are so good.. :)) haha peace bro
Unknown said…
@anonymous
Kamu & kalianlah yang sejatinya menghina yesus dengan menyamakannya dengan Tuhan
Kalianlah yg akan diusir oleh yesus di hari penantian
Karna yesuspun dengan jujur mengakui kalau beliau hanya seorang utusan/nabi/rasul spt musa,yesaya,solomon dll
Justru kalianlah yg telah membangkang semua perintah dan ajaran yesus
Unknown said…
https://m.facebook.com/notes/dukung-ruben-juru-selamat-untuk-membongkar-kesesatan-kristen/-yesus-membantah-ketuhanannya-/157070834337432/
Unknown said…
Silahkan disimak baik-baik biar kamu tmbah pintar & cerdas yah
Jangan plihara kbodohan sampe maut menjemputmu
Unknown said…
Silahkan disimak baik-baik biar kamu tmbah pintar & cerdas yah
Jangan plihara kbodohan sampe maut menjemputmu
Anonymous said…
Shalom.. Kami disini sedang memuliakan Tuhan yang kami sembah dan ini blog kristen.. Kok anda (Tiara) menganggap kami salah dan anda sudah sangat kelewatan. Anda sudah menyakiti hati banyak orang, Hukum bisa menuntutmu..
Judy Husin said…
@Anonymous
Saya sudah sering menghadapi orang-orang seperti Tiara, dan dari pengalaman saya, saya tahu bahwa

1. Orang yang bisanya hanya menjelek-jelekkan agama orang lain, pasti tidak mengerti apa-apa tentang agamanya sendiri.

2. Orang yang menilai kebenaran agama orang lain dari sudut pandang agamanya adalah orang bodoh yang tidak tahu apa-apa tentang agamanya sendiri.

Tiara ini sering memberikan komentar di berbagai website terutama untuk mengejek kekristenan. Di web atau blog lain, banyak yang menghapus komentarnya dia. Tapi disini, sementara saya biarkan dahulu, setidaknya sebagai selingan dan hiburan di blog saya. Nanti kalau saya bosan, akan saya hapus komentarnya dia, karena memang tidak sesuai dengan tulisan di blog saya.
Unknown said…
Yah Bginilah klo hati kalian sdh tertutup/ditutup oleh Tuhan yang sesungguhnya
Lebih percaya PEM-Benaran-an dari mulut Manusia
Tapi KE-Benaran-an yang dari Yesus sendiri malah kalian injak
Unknown said…
Terserah kalian mau sadar atau tidak itu urusan kalian
Saya cuma menyampaikan kebenaran yang dari yesus biar kalian tidak semakin terjerumus dalam kesesatan ajaran paulus
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Diyu said…
Hallo Tiara, saya tidak mengenal Anda tapi saya doakan buat Anda untuk mengenal Tuhan. Saya tidak mempermasalahkan mau itu Kristen Islam Katolik Buddha ataupun Hindu. Namun yg terpenting adalah bagaimana mengenal Tuhan dan impartasi apa yg didapat kita sebagai manusia, saya percaya segala yg baik itu berasal dari Tuhan, Dan bentuk dari pengenalan kepada Tuhan adalah dengan iman. Iman yg seperti apakah itu?? Iman yg datang dari Tuhan, bukan dari hasil usaha keras kita sebagai manusia buat Tuhan, karna kebaikan kita seperti kain kotor yg kita kasih buat Tuhan. Gak layak banget kan!!??
Mengapa saya bilang seperti ini karna kita sebagai manusia itu sebenarnya gak layak, sebab Tuhan memberi kita fasilitas lebih dahulu yaitu kasih karunia.
Kembali lagi pada impartasi buat kita sebagai manusia, setiap orang yg memiliki iman yg benar, dia pasti akan bertumbuh. Bertumbuh dengan baik, baik bukan hanya sekedar melaksanakan perintah Nya dan menjauhi segala larangan Nya, tapi menghidupi imannya. Bentuknya seperti tutur kata yg baik, pikiran yg baik, mengasihi sesama dan masih banyak bentuk yg lain.

Sekian pendapat saya, mohon dikoreksi jika ada kesalahan

Saran buat Tiara ayo bersama sama kita mengenal Tuhan.

GBU all
Unknown said…
@diyu
Trimakasih sudah menyampaikan pendapat
Namun sayangnya kamu hanya berargumen secara pribadi
Koreksi saya buat diyu..
Mari kalo menguraikan pendapat harus sesuai bible yg kamu pegang yah
Sekalian pasal & ayat"nya okay
Kalo hanya berpendapat pribadi tentu semua orang akan merasa benar
Ayok yg cerdas dikit yah
Thanks
Unknown said…
@diyu
Trimakasih sudah menyampaikan pendapat
Namun sayangnya kamu hanya berargumen secara pribadi
Koreksi saya buat diyu..
Mari kalo menguraikan pendapat harus sesuai bible yg kamu pegang yah
Sekalian pasal & ayat"nya okay
Kalo hanya berpendapat pribadi tentu semua orang akan merasa benar
Ayok yg cerdas dikit yah
Thanks
Diyu said…
Wah dengan senang hati ayoo kita belajar bersama, kalau km berkenan saya bisa bawa bersama sama mengenal Tuhan.
jangan salah menilai dulu, yg saya pegang bukan pendapat atau kebenaran pribadi, itu semua impartasi Tuhan atas pengalaman pribadi.
Saya percaya dalam Tuhan tidak ada yg mustahil.
Bagi saya iman bukan hanya sebuah hafal ayat dan menerapkan saja, tapi iman adalah bentuk ketika mengenal kebaikan Tuhan.
Damai sejahtera sangat melimpah buat hati ini, bahkan saat saya membaca postingan postingan Anda sebelumnya, saya tidak melihat itu sebagai perbedaan justru saya merasakan itu sebuah panggilan buat Anda.
Apapun latar belakang Anda, saya percaya Tuhan akan bekerja dengan segala mukjizat Nya
Unknown said…
@diyu
Owh bagus sekali..
Mari kita mulai dari mengenal siapa TUHAN itu yah
Sesuai Bible ya diyu skalian pasal & ayat firmannya
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Diyu said…
Percaya dengan kuasa Tuhan, pasti akan terjadi buat Anda.
Tidak perlu heran, pekerjaan Tuhan itu luar biasa.
Bagi saya sebuah ayat bukan untuk diperdebatkan atau dicari siapa pemenangnya, bukan pula sebuah senjata. Karna buat saya fokusnya adalah Tuhan, saya awal mengenal Tuhan bukan karena sebuah ayat, tapi itu karna panggilan.

Buat saya bukan orang sehat yg butuh dokter, tapi orang sakit yg butuh dokter.
Kita semua orang berdosa maka kita butuh Tuhan.
Unknown said…
@diyu
Kalau Saya justru amat sangat percaya sekali dengan TUHAN,Tapi TUHAN yang diSembah oleh YESUS juga & itu sesuai perintah dari Yesus sendiri
Unknown said…
@diyu
Kalau hanya bermodal percaya saja tanpa mengenal firman" dari Tuhan gimana kita mengenalnya diyu
Sama saja kamu hanya beriman buta dunk
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Diyu said…
Loh jangan salah, iman itu hanya percaya dan itu saja, simple kan??
Namun bukan percaya dalam mulut saja, percaya itu bisa dalam bentuk pengakuan, mengandalkan, kesaksian dan masih banyak yg lain.
Setelah percaya baru nanti pasti haus firman.
Jadi buat apa ngomongin firman tapi gak percaya, yg ada malah pertentangan dan penolakan.

Karna dasar iman itu percaya, dan iman dihidupi oleh firman
Unknown said…
@diyu
Haduh iman hanya bermodal percaya??
Kepercayaan yg bagaimana yg kamu punyai diyu?
Wong kamu aja malah tidak percaya kata" dari YESUS
Justru malah kata" si PAUL'US yg kamu percayai
wkwkwkwkwkwk..
Diyu said…
Iman adalah percaya, bagaimana bisa mendengar jika tidak percaya?? Bagaimana bisa kenal kalau tidak percaya?? Bagaimana dapat impartasi Tuhan kalau tidak percaya??
Iman bukan diukur dari ibadahmu tapi dari seberapa besar menaruh harapanmu di dalam Tuhan.
Unknown said…
@diyu
Belajar Bible dulu gih
Malas saya kalo mndengarkan orang yg berApology tanpa dikuatkan ayat" Firman dari Tuhan
Sama saja sy mendengarkan Tukang jamu pinggir jalan lagi mnawarkan dagangannya
Selamat Belajar diyu,moga tambah pintar & cerdas yah

Diyu said…
Ini pengalaman pribadi saya bagaimana mengenal Tuhan, saya bukan seorang teologi yg pandai alkitab.
Bukan berarti orang pandai Alkitab dia sepenuhnya mengenal Kristus. Namun di saat mengenal Dia pasti haus akan firman Tuhan.
Unknown said…
ini injil buat Si Pelacur Tiara

QS ALL IMRAN 3:55
Siapa sajakah pengikut Isa Almasih dia akan di tinggikan diatas orang-orang kafir.

Yohanes 14:16
Yesus berkata : Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak seorang pun yang datang kepada Bapa,Kalau tidak melalui aku.

ini Injil yang menyatakan Yesus adalah Allah dan saya akan menjelaskan firman ini kepada anda!
{Yohanes 1:1-4,14}
"Pada mulanya adalah Firman;Firman itu bersama-sama dengan Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh dia sang Firman/Kristus dan tanpa Dia tidak ada satupun yang telah dijadikan. Dalam Dia[Sang Firman/Kristus]ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia... Firman itu telah menjadi manusia,dan diam diantara kita,dan kita telah melihat kemuliaanya,yaitu kemuliaan yang diberikan kepadanya sebagai anak Tunggal Bapa,Penuh kasih karunia dan kebenaran"

QS 4:159
Al-Quran dengan jujur menyatakan, "di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka"

(HSM 127; HSB 1090)
"Demi Allah yang jiwaku di tangan-nya, sesungguhnya telah dekat masanya 'Isa anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu" dan ini adalah kesaksian Muhhamad.

(Injil Rasul besar Matius 24:30)
"Pada waktu itu akan tampak tanda anak manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-nya. yang dimaksud anak manusia ialah Yesus yang akan datang di akhir zaman nanti yang akan menghakimi seluruh umat manusia atas kekuasaannya dibumi dan di sorga. Saya bukanlah seorang teology,saya hanya umat Kristen Advent biasa yang selalu membaca-membaca dan merenungi bagaimana firman Tuhan itu yang sebenarnya. Bahkan tidak alkitab saja yang saya baca, Al-Quran pun saya baca agar saya dapat mengerti bagaimana injil al quran yang benar dan yang salah. kalau memang Yesus bukan Tuhan mengapa dia mambu membangkitkan Lazarus dari kematian? Mengapa dia mampu mengampuni dosa Saulus/Paulus? dan mengapa dia mampu menyembuhkan berbagai penyakit?? dan kalau anda bertanya mengapa Yesus tidak menyelamatkan dirinya sendiri waktu di kayu salib? itulah hebatnya Tuhan kami yang merelakan darahnya hanya untuk menebus dosa manusia,,Kalau seandainya saat dia disalib itu dia lalu menyelamatkan dirinya berarti kedatangan Yesus kedunia waktu itu akan sia-sia,,karna misi-nya datang kedunia melalui Maria itu karna ingin menebus dosa manusia melalui kayu salib. dan jika kalian bertanya mengapa Yesus itu bisa mati pada waktu disalib, Itulah Tuhan,,Kapanpun dia mau mati ya mati,,dan kapanpun dia mau hidup ya Hidup! itulah saking dahsyat nya Yesus Tuhan Kami. Tidak seperti Muhammad yang sampai saat ini masih kalian doakan!
Anonymous said…
Haduh Rame aja... Wkwk..
:D

Sudahi saja kak . Nih blog jadi berisi konverensi meja bundar....

Wkwk... >,<
Unknown said…
http://twoe-gendenk.blogspot.co.id/2012/03/ali-imran.html?m=1
Unknown said…
Yuk FAJAR belajar biar tambah pintar..
itu surah al imran yg original
Loe dpt darimana tu ayat?
Unknown said…
Biarkanlah org buta dituntun org buta.biar mereka masuk kedlm jurang yg sama
Unknown said…
Satu kata aja buat org yg bingung ngelihat kalimat yesus yang seakan-akan mengatakan bahwa dirinya bukan Tuhan, yaktu konsep tri tunggal. Mungkin buat yg agama lain ga bakal bisa menerima arti konsep ini, tp yg beragama kristen sudah tahu. Mmg konsep ini di luar nalar kita manusia, tp Tuhan Yesus adalah esa, maha kuasa. Kita yg cuma manusia biasa ga mungkin bisa mengerti kekuasaan Tuhan . Kalau kita bisa mengerti kuasa Tuhan kita jadi apa kehebatan Tuhan kita sendiri? Peace 😊
Anonymous said…
Artikel yang menarik, hanya saja kurang dibagian klimaks, harusnya bisa dielaborasikan dengan lebih jelas lagi apa yang dapat menjadi kekuatan kita misalkan pribadi Roh Kudus yang ada dalam pribadi orang percaya. Kalau boleh saya sarankan untuk sesama umat kristiani, janganlah membalaskan komentar pedas dengan kasar. Balaslah dengan kasih :)
Anonymous said…
Firman Tuhan katakan "roh yg ada didalam kita lbh besar dari roh2 jahat"

1 Yohanes 4:4
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Jd klu dialam kasat mata aja org2 takut sm org yg bodynya jauh lbh besar dan lbh kuat... ya wajar aja roh2 setan itu jg takut bgt sm Roh Kudus dan Roh Yesus yg ada didalam diri kita sbg org2 percaya yg kita sebut murid Kristus (matetes)...
Sebab alkitab dgn jelas mengatakan bhw tanda2 ini akan menyertai org2 percaya (murid Kristus) slh satunya yaitu MENGUSIR SETAN demi nama Yesus !
so anda kah seorang murid Kristus ? berarti setan akan ngacir ketika ketemu anda & bkn sebaliknya... bener2 apes tuh setan ketemu anda yg adalah gambaran Kristus didunia ini.
Tuh setan sbetulnya bkn takut sm anda tp sm Roh Kudus dan Yesus yg ada didalam anda hehe...
Ilustrasinya begini, klu anda plg kerja atau plg kuliah suka digangguin sm preman2 mirip setan yg malakin duit anda dan ngancam2 anda.
Namun ternyata anda baru tau jg ternyata punya seorang saudara (katakanlah paman) ternyata adlh seorang jendral polisi bintang 4..
Nah anda langsung dtg ke paman anda itu ceritakan mslh preman2 mirip setan yg suka malakin anda, trus paman anda itu besoknya bw anda bersama 1 ssk pasukan ke preman2 itu kasih tau bhw tindakan memalak itu melawan hukum apalagi anda ini keponakan seorang jendral bintang 4 !
Besoknya preman2 mirip setan2 itu apa msh berani meng intimidasi anda ?...
Sodara ketika anda setiap pagi2 buta berdoa, menyembah dan memuji Tuhan serta membaca Firman Tuhan... dgn demikian bukankah anda seorang penyembah Tuhan yg menyembah Yesus dlm Roh & kebenaran ?
Jika Allah pencipta alam semesta dipihak anda, kpd siapakah anda hrs takut..
Kpd siapakah anda hrs gemetar ??

Mazmur 27:1
Dari Daud...
TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
Diyu said…
Mau tambahin kenapa Yesus mati di kayu salib, karena sudah di nubuatkan sebelumnya, dan untuk menebus dosa kita semua
Tiara Fusila ini merupakan orang bodoh dan tolol. Kalau mahu berdebat, Debat saja dengan David Wood. Bodoh!!!!!!!!! Bahalol punya manusia!!!! Dia buat perkara yang bodoh!!! Sudah semestinya dia bodoh!!!
Unknown said…
Kupikir cuma. Org kristen disini eh ternyata ada pengikut si mahmud yg ikut nimbrung ckck.Terua sok2an ngejelasin lagi agama dy trs blg org Kristen itu salah.Urusin agama elu jangan datang sebagai pahlawan kebenaran disini.Seperti tertulis percaya dengan hatimu,jangan dengan logika.Itulah kami org Kristen Percaya Yesus bukan dengan logika kami,tapi dengan hati nurani kami.Kalau lu pengikut mamud pergi noh di situs yg jelasik agama elu nah nimbrung disana dan ceramah plus bacot2nya disan🤣🤣.Kami bukan pengikut mamud yg terus2an mengandalkan logika krn kami percaya krn kami mengalami plus merasakan kasih Tuhan Yesus.Terus gini kalo lu udah rasain kasih mamud sama elu yaudah rasain aja nggk usah berbagi ttg kisah agama elu disini,soalnya nggk ada butuh🤭😋
Judy Husin said…
Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati
Terimakasih semoga kita semua di beri petunjuk oleh Tuhan