Skip to main content

Received 1 Get 1 Free, Dua Anugerah dalam Satu Paket

Sudah sering kita mendengar promosi, Buy 1 Get 1 Free, sebuah promo menggiurkan yang membuat begitu banyak orang tertarik. Bahkan yang tadinya tidak membutuhkan barang yang ditawarkan, jadi ikut-ikutan membeli,”Lumayan kan, mumpung masih promo”, begitu alasannya. Oke, saya tidak melanjutkan membahas masalah promosi barang, tapi kita kembali ke Alkitab.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menuliskan sebuah statement kalimat di facebook saya seperti ini :
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Ayat yang sangat populer, meskipun banyak yang tidak mengingat Injil dan ayatnya, tapi umumnya semua tau kalimat-kalimatnya. Tuhan yang begitu mengasihi manusia, menebus dan menyelamatkan manusia tanpa syarat. Eiiitts, tunggu dulu, tanpa syarat? Beberapa tahun yang lalu, ketika membaca ayat ini, saya meragukan jika ayat ini menunjukkan Tuhan memberikan Anak-Nya menebus manusia dengan begitu saja tanpa syarat.

Perhatikan lagi ayat di atas pada kalimat “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya”. Kalimat inilah yang menimbulkan keraguan dan pertanyaan dalam diri saya. Ternyata ada syaratnya untuk diselamatkan, yaitu harus percaya kepada Yesus. Setiap orang yang memenuhi syarat yaitu percaya kepada Yesus-lah yang akan beroleh hidup kekal. Jadi, Tuhan tidak benar-benar menyelamatkan manusia tanpa syarat?

Kalau Tuhan menyelamatkan manusia tanpa syarat, mengapa harus ada perkataan hanya untuk orang yang percaya kepada-Nya? Kalau Bapa yang Maha Baik itu rela mengaruniakan Anak-Nya, mengapa harus mengatakan hanya untuk orang yang percaya kepada-Nya? Bukankah itu berarti Tuhan memberikan syarat untuk mendapatkan Keselamatan?

Apa yang saya tuliskan diatas, benar-benar pernah menjadi pertanyaan dan keraguan dalam diri saya. Tuhan sepertinya pura-pura memberikan Anugerah Keselamatan secara cuma-cuma dan diam-diam menetapkan syarat untuk menerima Anugerah itu, yaitu “Harus Percaya Yesus”. Jadi, kalau Anda tidak percaya Yesus, Anda pasti tidak diselamatkan. Bukankah ini juga statement orang Kristen? Makanya tidak heran jika banyak orang Kristen yang mengajak untuk percaya Yesus dengan sedikit memaksa. “Kalau kamu mau diselamatkan, kamu harus percaya Yesus dulu”, “Kalau kamu percaya Yesus, maka kamu akan diselamatkan”. Kira-kira seperti itu.

Benarkah seseorang baru akan diselamatkan ketika ia mengaku percaya Yesus?, Jadi, percaya Yesus dulu baru diselamatkan. Kalau tidak percaya Yesus tidak mungkin diselamatkan. Tapi, kita juga mengakui bahwa tidak semua orang yang mengaku sudah percaya Yesus pasti diselamatkan. Ini yang kita sebut dengan “bukan Kristen sejati” atau “Kristen KTP”

Anugerah Keselamatan diberikan melalui Yesus. Bapa memberikan Anak-Nya yang tunggal itu supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa. Memberikan Anak-Nya yang tunggal, supaya yang percaya kepada Anak-Nya itu tidak binasa. Sekali lagi “Bapa memberikan Anak-Nya yang tunggal maka Bapa juga mengharuskan kita percaya kepada Anak-Nya yang tunggal itu supaya tidak binasa”, ini persyaratan atau bukan?

Sederhananya begini Bapa memberikan Anak-Nya terlebih dahulu supaya kita yang percaya kepada-Nya mendapatkan Keselamatan, atau kita sudah ditetapkan Selamat terlebih dahulu baru Bapa memberikan Anak-Nya agar kita percaya kepada Anak-Nya?

Sederhananya lagi, kita percaya Yesus dahulu baru diselamatkan, atau kita diselamatkan dahulu baru percaya Yesus.Kalau kita percaya Yesus dahulu baru diselamatkan, berarti ada usaha kita dahulu baru Tuhan menyelamatkan kita. Keselamatan diberikan secara cuma-cuma, tanpa ada usaha kita sama sekali

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah. Efesus 2:8

Kalau kita diselamatkan dahulu baru percaya Yesus, lalu mengapa Anugerah Keselamatan akan diberikan kepada orang yang percaya kepada-Nya?

Dua Anugerah dalam Satu Paket


Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Membaca Yohanes 3:16, pikiran kita sudah terlatih untuk mempercayai bahwa itu adalah Kasih Tuhan yang begitu besar kepada kita. Bapa memberikan Anak-Nya supaya kita diselamatkan. Kita percaya ayat ini berbicara tentang Anugerah Keselamatan yang cuma-cuma itu. Tapi karena ada perkataan “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya”, maka seolah-olah penerima Keselamatan ini harus percaya kepada Yesus dulu. Tanpa sadar pikiran kita terbawa dengan percaya bahwa ada usaha kita untuk mendapatkan Anugerah Keselamatan.

Received 1 Get 1 Free, saya memberikan judul seperti ini, karena saat memikirkan Yohanes 3:16, saya teringat dengan promo Buy 1 Get 1 Free. Tapi dalam hal ini adalah “Terima Anugerah Keselamatan dengan cuma-cuma dan dapatkan iman percaya kepada Yesus dengan cuma-cuma juga”.

Dua Anugerah dalam satu paket. Itulah yang Anda dapatkan. Yohanes 3:16 bukan hanya berbicara tentang Kasih Bapa yang begitu besar kepada manusia sehingga memberikan Yesus untuk menyelamatkan kita. Yohanes 3:16 juga bukan memberikan syarat untuk mendapatkan Keselamatan dari Yesus Kristus. Yohanes 3:16 berbicara tentang Dua Anugerah dalam Satu Paket Anugerah.

Keselamatan yang diberikan hanya kepada orang-orang yang percaya kepada Yesus, bukan menunjukkan syarat Keselamatan, tapi Dua Anugerah yang akan anda dapatkan sekaligus sebagai orang yang di pilih Bapa dari sejak semula untuk diselamatkan. Anugerah pertama adalah Anugerah Keselamatan yang anda dapatkan secara cuma-cuma dan Anugerah kedua adalah Anugerah untuk Percaya kepada Yesus Kristus sebagai jalan Keselamatan itu. Ketika anda diselamatkan, maka andapun akan percaya Yesus, ketika anda percaya Yesus, andapun akan diselamatkan. Kedua hal ini tidak bisa dan tidak mungkin anda tolak jika Anda adalah orang pilihan. Itu sebabnya satu-satunya jalan menuju kepada Keselamatan adalah melalui Yesus Kristus. Itu juga sebabnya, Tuhan-lah yang datang mencari manusia yang terhilang, bukan manusia yang mencari Tuhan.
 
Jadi, jangan pernah meragukan Yesus sebagai satu-satunya jalan Keselamatan. Tidak ada jalan lain Anda bisa mencapai Tuhan, jika Yesus tidak menjadi pengantara kita. Tetaplah percaya kepada-Nya, dan terimalah anugerah Keselamatan itu dengan sukacita.

Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.

Soli Deo Gloria

Comments