Skip to main content

Doa Mengubah Segala Sesuatu


Sumber : www.flickr.com/photos/lel4nd/

Saat keadaan sekelilingku
Ada di luar kemampuanku
Ku berdiam diri mencari-MU
Doa mengubah segala sesuatu

Saat kenyataan didepanku
Mengecewakan perasaanku
Ku menutup mata memandang-MU
Sebab doa mengubah segala sesuatu

Reff.
Doa orang benar, bila didoakan
dengan yakin besar kuasanya
Dan tiap doa yang lahir dari iman
Berkuasa menyelamatkan

Seperti batang air ditangan-Mu
Mengalir kemana pun Kau mau
Tiada yang mustahil dimata-Mu
Doa mengubah segala sesuatu


Lagu ini tiba-tiba saja terngiang dikepalaku saat aku sedang dalam perjalanan. Berulang-ulang kunyanyikan dalam hati, karena jika bersuara aku merasa tidak enak terdengar oleh orang lain disekitarku. Sebuah lagu sederhana yang mengingatkan akan doa dan begitu besarnya kuasa doa. Sudahkah aku berdoa?

Aku mengulang waktu beberapa jam atau sehari sebelumnya, dimana tiba-tiba aku tersadar kesulitan yang akan aku hadapi didepanku. Aku tidak tahu bagaimana cara menghadapinya, meskipun berulang kali aku berusaha mencari jalan untuk keluar dari kesulitan yang siap menghantamku. Aku tertegun, siapkah dan mampukah aku menghadapinya? Tuhan, aku tidak mampu.

Salahkah aku jika aku memandang kedepanku? Karena aku tahu apa yang akan aku hadapi. Aku berharap kepada Tuhan yang akan membuka jalan, tapi tidak ada jalan yang terbuka. Sekelilingku menhantamku hingga aku hampir terjatuh. Aku terdiam, berusaha mencari-MU. Ada dimanakah Kau Tuhan?

Aku memiliki pengharapan yang sudah sekian lama kunantikan menjadi kenyataan. Tapi kenyataan yang ada didepanku justru mengecewakanku. Hatiku terluka karena aku kecewa. Kucoba memejamkan mata ini, agar aku dapat memandang-Mu. Ada dimanakah Kau Tuhan?

Aku rindu pada-Mu dan aku belajar untuk semakin mengenal-Mu. Tuhan, semakin aku mengenal-Mu, mengapa bukan semakin ringan bebanku. Aku belajar untuk hidup benar, tapi orang-orang menganggap aku hidup dalam kemunafikan. Tapi Tuhan, bukankah Engkau tahu seluruh hidupku? Engkau tahu siapa aku, Engkau tahu hatiku, Engkau tahu yang tidak kuketahui. Apa yang tidak kuketahui itu Tuhan?

Jika doa dapat mengubah segala sesuatu, mengapa doaku tidak dapat mengubah hidupku? Apakah aku bukan orang benar sehingga doaku tidak benar, atau doaku benar, hanya saja aku bukan orang benar. Ataukah doaku benar dan aku orang benar, tapi aku kurang yakin dengan yang kudoakan, itu sebabnya tidak ada kuasanya. Ataukah doaku benar dan aku orang benar dan aku dengan begitu yakinnya berdoa, sehingga doaku berkuasa, tapi doa ku tidak berasal dari imanku kepadaMU, itu sebabnya aku tidak mendapatkan apa-apa? Ataukah doaku benar dan aku orang benar dan memiliki keyakinan dan iman yang besar, sehingga kuasa doaku dapat menyelamatkan. Siapa yang aku selamatkan Tuhan?

Jika tidak ada yang musthil dimataMu, tolonglah aku ya Tuhan. Yakinkan aku dengan imanku kepadaMu, jadikan aku orang yang benar dihadapanMU, agar ketika aku berdoa, ada perubahan yang terjadi. Aku berharap kepadaMu, tuntunlah aku seperti batang air ditanganMu yang mengalir sesuai dengan tujuanMu. Sehingga ketika kenyataan yang ada didepanku mengecewakanku aku dapat memnutup mata memandangMu dan terus berjalan bersamaMu, dan ketika sekelilingku menghantamku, aku dapat berdiam diri sesaat untuk mencariMu dan memastikan Kau tetap ada didepanku.

Dengan airmata kunyanyikan lagu ini.

Comments