Skip to main content

Naskah Drama (Fragmen) Natal 2016

Ide Cerita:Warga Teater GII (Warteg) Semanggi
Penulis Naskah:Nella Siregar
Dibawakan Oleh:Warga Teater GII (Warteg) Semanggi
Jumlah pemain:4 Orang (Suami, Istri, Anak, Asisten Rumah Tangga)
Lama waktu:7 menit
Sutradara:Nella Siregar
Pembimbing:Hengky Sulaiman
Pemain:Judy Husin sebagai Arga

:Cecilya M Panggabean sebagai Tina
:Sehat Dinati Simamora sebagai Karin
:Yuke Ratnafuri sebagai Sumi
Musik:Dika Nugrahanto
A/V:Winstem Siregar
Properti:Rilly Christian Hutabarat
Konsumsi:Desy Gita Oftalin Siagian

Dimainkan pada Acara Natal GII Hok Im Tong Semanggi tanggal 10 Desember 2016

Drama dibuat dalam bentuk fragmen, dan dimainkan secara live. Fragmen ini menceritakan tentang masalah sebuah keluarga dimana Suami sibuk bekerja untuk keluarga tapi pada akhirnya karena kesibukannya seringkali seolah melupakan keluarganya. Istri merasa suami lebih mempedulikan pekerjaannya daripada keluarga, namun istri berusaha agar keluarga tetap harmonis. Anak yang baru tumbuh remaja juga ternyata merasa dikekang kebebasannya sehingga diam-diam memberontak terhadap keinginan orangtuanya.

FRAGMEN NATAL 2016

 

Di sebuah ruangan, Arga (suami) sedang asik mengerjakan sesuatu di laptopnya dan Tina (istri) sedang duduk dan membuka percakapan, dg membawa segelas air.



Arga membereskan pekerjaannya dan melangkah keluar panggung.

(Suara music keras dimainkan)Karin masuk dengan headphones dikepala sambil membawa sebuah kertas dan berjalan sambil mendengarkan musik, kemudian duduk di kursi.




Tina:Pa...
Arga:Hmm
Tina:Tadi sore tante Nunik, berkunjung kesini. Dia memberikan undangan pernikahan Santi. Jangan lupa ya, pestanya Sabtu ini.
Arga:Iya..
Tina:Oya, tadi aku ditelpon guru Les Karin…, (Tina melihat kearah Arga, tapi Arga tetap berkutat dengan laptopnya) Kata guru les-nya, sudah 3 kali berturut-turut Karin gak masuk, padahal dia selalu bilang les, gak pernah gak les…
Arga:Hmmm…
Tina:Paah…! Kamu ini koq dari tadi Cuma, iya hm..iya hm.. nyimak gak sih??
Arga:Ya nyimak…tapi aku kan sambil kerja..ya ngerti lah…!
Tina:Ya kasih komentar kek! Aku tuh kaget banget, waktu dikasi tau guru les Karin. Tapi kamu denger cerita aku kok cuek aja sih?
Arga:Ya aku terus harus gimana… namanya juga anak remaja, wajarlah kalo sekali-kali dia gak masuk les, lagi bosen kali, udah..! Kamu ini suka ributin yang gak perlu!
Tina:Pa aku tuh bukan ributin yang gak perlu! Karin itu anak kita! Kamu koq nga kaget denger dia bohong kayak gini! Harusnya setelah denger cerita aku, kamu panggil Karin. Tapi ini, cuek aja!Kamu memang lebih mentingin kerjaan, kamu gak perduli sama keadaan keluarga!!
Arga:Udahlah gak usah aneh aneh! Aku tuh kerja kan buat keluarga, buat Karin buat kamu!
Tina:Iya… tapi aku kok gak ngerasa gitu! Kamu gak punya waktu buat Karin dan aku. Karin pergi sekolah kamu masih tidur. Karin udah tidur kamu baru pulang! Sekarang, aku ngomong ke kamu, otak kamu ada di laptop. ( Wajah Arga menahan marah, kesal, tiba-tiba hp bordering )
Arga:(Berbicara di Telepon) Selamat malam bu.

Ooo dirubah jadi sabtu ya..

Bisa-bisa bu, kalau begitu kita bertemu hari Sabtu ya bu, jam 1 siang ya.

Gak apa-apa bu…tenang…kebetulan saya juga belum ada acara apa-apa bu..

Baik bu selamat malam
Tina:Paa!!! Tadi kan aku udah bilang hari Sabtu ini ada pernikahan Santi…!!! Ini kamu malah janjian sama orang. Kamu memang terlalu! Sama orang kantor kamu ngomongnya ramah, tapi kalo sama aku, kamu kayaknya kepaksa banget ! Kamu kenapa sih??
Arga:Kamu berlebihan! Aku memang harus sopan berbicara dengan mereka, mereka klien besar, bosku bisa ngamuk kalo mereka complain!”
Kamu tau kan, Sekarang ekonomi lagi susah, lagi lesu, sudah bagus perusahaanku tidak terpengaruh, kami punya banyak klien, konsekwensinya ya ini, aku harus kerja super keras..daripada kena PHK seperti di perusahaan lain, kamu pilih yang mana coba!
Tina:aku gak milih 2-2 nya, aku benci dengan keadaan ini…!
Arga:Ah…sudahlah…percuma ngomong sama kamu …aku mo istirahat dulu..cape!
Tina:Pa…!
Tina:Apa itu…?
Karin:Biasa ma laporan ulangan bulanan, harus ditanda tanganin.. (menjawab sambil tetap mendengarkan musik)
Tina:Kenapa ini banyak yang merah…matematik merah, fisika, geografi. (mendekati karin dan melepaskan headphone dari telinga Karin) Kamu belajar gak sih?
Karin:Ya belajarlah ma, tapi ulangannya susahhh banget!!
Tina:Kamu kan udah les, masak tetap gak bisa. Apa kamu suka gak dateng les!
Karin:Les ya les ma, namanya juga usaha tapi memang pelajaran kelas 11 kan udah tambah susah.
Tina:Kamu selalu dateng les teratur!
Karin:Ya iya ma…aku selalu les kok, memang pelajarannya aja yang susaaaah banget.
Tina:Karin…! Mama gak suka kamu bohong!!
Karin:Maksud mama?
Tina:Guru les kamu nelpon mama, ngasih tau kamu udah 3 kali berturut-turut gak masuk les! Padahal kamu selalu bilang les dan pulang agak malem karena les. Kemana kamu sebenernya? Kenapa kamu bohongin mama!
Karin:Ooo guru les ngasih tau mama ya, parah juga tu orang pake ngadu segala .., baru juga 3 kali gak masuk!
Tina:Kariiin…!!! Kamu terlalu ya… kamu yang salah, malah nyalahin orang lain. Kamu sudah berbohong !!
Karin:Karin kan pengen main kayak temen-temen yang lain! Mama kan yang maksa Karin kudu les 4 x seminggu ya makanya Karin gak masuk les!!!Kok jadi Karin yang disalahin! Karin kan gak mau les!
Tina:Kariiin…!! Kamu tambah besar kok malah tambah ngaco! Liat, udah les aja nilai kamu masih banyaaak yang kurang, apalagi gak les. Terus kamu sekarang malah nyalahin mama. Kamu itu sudah berbohong! Mama gak suka itu, itu hal yang salah! Kalau mau main keluar kan bisa hari sabtu, bukan hari sekolah…!!
Karin:Mama kuno! Temen-temen aku suka main hari apa aja…gak harus hari sabtu…mereka juga kadang gak masuk les, tapi kayaknya mamanya gak serewel mama deh !
Tina:Kariiin! Mama gak mau kamu main sama mereka lagi, kamu jadi gak bisa mikir mana yang bener mana yang salah! Terpaksa, mulai besok mama jemput kamu di sekolah, dan anter kamu ke tempat les…!
Karin:Mama apa-apaan sih, aku bukan anak TK!
Tina:Pokoknya mama akan jemput kamu!Dan kamu harus cari temen lain.!
Karin:Mama ….! Mama konyol…! “ (Karin keluar sambil menangis. Tina termenung, sambil melihat kertas laporan ulangan Karin, Tina menangis)

Tina:Ya Tuhan kenapa semua menjadi kacau begini….Arga…Karin…, mereka semakin tak dapat kupahami…! Siapa yang salah…? Apa yang salah…? (Bibi masuk)

Sumi:Bu….ini saya buatkan teh hangat…..
Tina:Makasih Sum… ibu pusing liat bapak sama Karin…
Sumi:Sudahlah bu..jangan terlalu dipikirin, nanti ibu sakit lagi..
Tina:Aku sedih banget Sum… padahal tiap hari aku berdoa buat mereka. Tapi kenapa mereka kayak gini? Nga bisa aku mengerti! Kamu liat Karin. Salah tapi gak ngerasa salah, malah nyalahin orang lain. Padahal aku selalu mengajarkan hal baik ke dia
Sumi:Ya namanya juga hidup bu…kadang ya jadinya lain dari yang kita mau…
Tina:Iya juga sih Sum….tapi hati ibu jadi sedihhh banget Sum…
Sumi:Sudah bu...sudah, lebih baik ibu istirahat dulu…
Tina:Ibu masih pengen duduk disini… sudah kamu saja yang tidur duluan…
Sumi:Baik bu, saya tidur dulu…. ( Sumi keluar sedang Tina tetap termenung)
Tina:Iya…” (Tina diam sejenak, lalu berlutut, menangis, berdoa. Pendeta kotbah)




--SELESAI--

Comments