Skip to main content

Naskah Drama (Klip) Natal 2016

KLIP NATAL 2016

Ide Cerita:Warga Teater GII (Warteg) Semanggi
Penulis Naskah:Judy Husin, Nella Siregar
Dibawakan Oleh:Warga Teater GII (Warteg) Semanggi
Jumlah pemain:3 Orang (2 orang wanita teman kantor, 1 orang sebagai Event Organizer)
Lama waktu:5 menit
Sutradara:Nella Siregar
Pemain:Rianti Setiadi sebagai Rini

:Yuke Ratnafuri sebagai Fifi
:Trio Yamad Lumbantoruan sebagai Thomas
Musik:Dika Nugrahanto
A/V:Winstem Siregar
Properti:Rilly Christian Hutabarat
Konsumsi:Desy Gita Oftalin Siagian

Dimainkan pada Acara Natal GII Hok Im Tong Semanggi tanggal 10 Desember 2016

Drama dibuat dalam bentuk video klip. Video klip menceritakan tentang masalah ekonomi yang dihadapi seorang karyawan dan godaan untuk melakukan korupsi. Tidak ada ending dalam klip ini, tetapi dijelaskan dalam kotbah yang disampaikan.

VIDEO KLIP NATAL 2016


Suasana di sebuah ruangan kantor.

Fifi masuk ke ruangan Ibu Rini 


Fifi:Bu ada apa ? Kok keihatnnya suntuk sekali.
Rini:Iya nih Fi, aku lg banyak pikiran..
Fifi:Memang lagi mikirin apa sih bu? sampe segininya?..
Rini:Aku . ceritain sama kamu Fi, tapi jangan sampai ada orang lain yang tau ya...
Fifi :Waduhhh serius banget bu. memang ada apa sih?… tenang aja bu ceita ibu aman bersama Fifi, dijamin..
Rini:Begini ceritanya…

Flashback ke masalalu, di sebuah cafe.

Thomas:Bu Rini, kita kan sudah beberapa kali kerjasama mengadakan acara Saya ada ide bagus nih,bu tapi perlu kerjasama dengan ibu .
Rini:Kerjasama? Maksudnya bagaimana ya pak?
Thomas:Begini…, ibu kan tau, sekarang ini lagi krisis, perekonomian lagi agak kacau.. harga-harga pada naik.., kebutuhan hidup juga pasti naik kan bu..?
Rini:Iya pak, trus…
Thomas:Begini bu… mmm… saya ingin mengatur ulang harganya , ya saya naikkan sedikitlah harganya…
Rini:Loh pak.., kok jadi naik, bukannya tadi kita sudah sepakat..?
Thomas:Oh… bukan begitu bu maksud saya,… hehehe… ini untuk kita berdua aja..
Rini:Maksud bapak?
Thomas:Begini bu, kita sedikit mark up harganya, hanya sedikit kok, untuk masing-masing kebutuhan acara, nah hasil mark up itu nantinya buat kita berdua bu..
Rini:(terdiam sesaat…) Jadi maksud bapak saya membuat laporan ke kantor dengan harga yang di mark up..
Thomas:Iya bu, nanti selisih harganya itu untuk kita. Mark up-nya kecil kok bu untuk setiap item, tapi kalo di hitung totalnya lumayanlah…..
Rini:Bagaimana ya pak?…
Thomas:Hahaha… udah bu tenang aja deh, toh yang tau cuma kita… kita cuma mainkan sedikit harga-harganya, masih harga wajar kok, perusahaan Bu Rini juga ga bakalan tau..
Rini:Bagaimana ya pak.. itu kan namanya korupsi pak.
Thomas:Yah… bu, kita hanya menaikkan sedikit saya harganya, toh nilai totalnya masih masuk akal kok.., nanti kelebihan harganya kita bagi dua… fifty.. fifty.. sekarang lagi serba susah bu, dan kebutuhan hidup juga meningkat, apa salahnya kita cari tambahan sedikit, toh ini tidak merugikan perusahaan bu Rini.. ya ga bu?


Rini termenung menatap ke depan

Kembali ke situasi kantor

Rini:Begitu ceritanya Fi, aku jadi bingung… yahh kamu tau kan Fi, anakku masih butuh biaya besar untuk kuliah, itu aja belum beres, sekarang anakku tuh malah sakit…, dan butuh biaya berobat yang besar juga,aku bener-bener lagi butuh uang, sedangkan perusahaan kita lagi krisis. Beberapa udah ada yang di PHK, bonus tersendat, dan gaji juga sekarang suka agak telat….”
Fifi:Ibu sudah setuju untuk mark up harga-nya?
Rini:Belum sih Fi, aku tuh bingung .. aku belum pernah seperti ini, takut aku, tapi ya .. lagi butuh uang juga… menurut kamu gimana coba?
Fifi :Bu…, selama ini, kan ibu sudah banyak memberikan yang terbaik buat perusahaan, sudah kerja keras, sering lembur.. Saya sih kepikir aja, kita kerja keras untuk perusahaan supaya perusahaan maju. Tapi, coba ibu pikir… apa iya perusahaan juga selalu mikirin kita?.
Gaji kita memang lumayanlah… tapi kalo kondisi krisis begini, yang dipikirin perusahaan pasti penghematan, ujung-ujungnya karyawan yang dirugikan, bonus ga jelas kapan keluarnya, jangankan naik gaji, gaji aja sekarang kadang suka telat…
Menurut Fifi nih bu ga apalah sekali-kali kita main dikit, toh harganya juga masih wajar, gak merugikan perusahaan, ya situasi ekonomi lagi susah begini kebeneran bu ada kesempatan dapat tambahan, mana ibu kan lagi bener-bener perlu uang..
Fifi tau selama ini ibu selalu jujur, makanya ibu jadi takut..tapi ya gimana bu , memang kondisi ibu juga lagi kepepet, ya ini bisa jadi jalan keluar, bisa dibilang win-win solution bu, perusahaan tetep untung , ibu juga dapet jalan keluar………lagian bu gak tiap hari kan ibu ngelakuin ini..hanya kali ini karena terpaksa, bukan sengaja buat hura-hura…”
Rini:Iya ya Fi, tapi aku kok ngerasa ini salah..…
Fifi:Ibu merasa bersalah krn memang belum pernah melakukan yang seperti, iya wajar lah bu Tapi liat juga keadaan ibu sekarang, kalo perusahaan tau apa mau kasih uang tambahan untuk kebutuhan ibu,? Kayaknya gak akan deh.
Rini:Iya sih …t
Fifi:(memotong perkataan Rini) Nah itu dia, kita di tuntut untuk memajukan perusahaan, tapi ketika sedang dalam kesulitan, perusahaan belum tentu peduli kita… Tapi ya…semua terserah ibu sih…, Yang pasti Fifi gak akan bilang siapa-siapa tentang hal ini…dan Fifi setuju aja sih dengan tawaran pak Thomas...


Rini menatap ke depan.


--SELESAI--

Comments